nusabali

Covid-19 Naik lagi, Nakes Siap Booster Kedua

  • www.nusabali.com-covid-19-naik-lagi-nakes-siap-booster-kedua

SINGARAJA, NusaBali
Kasus konfirmasi baru Covid-19 di Kabupaten Buleleng kembali meningkat sejak dua pekan terakhir.

Kasus baru yang sebelumnya sudah tertahan di bawah angka 10, kini naik menjadi belasan. Seperti tercatat oleh Satgas Penanganan Covid-19 pada Sabtu (30/7) sebanyak 15 kasus konfirmasi baru dan menyisakan 86 kasus aktif.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Gede Suyasa mengakui adanya peningkatan kasus konfirmasi baru Covid-19 saat ini. Bahkan peningkatan kasus baru tidak hanya di Buleleng, tetapi juga terjadi di seluruh Indonesia dan dunia.

“Kenaikan kasus sebelumnya memang sudah diprediksi Satgas Covid-19 Nasional, yang diperkirakan minggu kedua Juli naik. Sampai saat ini Buleleng pun menunjukkan gejala yang sama, sehari ada belasan kasus baru,” ucap Suyasa.

Sekda Buleleng ini menjelaskan, peningkatan kasus konfirmasi baru Covid-19, dipengaruhi oleh banyak variabel. Munculnya mutasi varian Covid-19 BA4 dan BA5 yang pertama kali ditemukan di Afrika menjadi salah satu variabel penyebab peningkatan kasus.

Namun faktor lain yang ditemukan menjadi penyebab yakni melemahnya protokol kesehatan di masyarakat. Sejumlah pasien terkonfirmasi baru yang terdata saat ini juga belum mendapatkan vaksin dosis I dan II.

Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng masih terus berupaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Pelayanan vaksinasi Covid-19 pun masih dilayani setiap hari di masing-masing Puskesmas dan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Layanan vaksinasi juga seringkali disisipkan dalam berbagai acara pemerintah, untuk terus mendorong capaian vaksin.

Data capaian vaksinasi di Buleleng per Jumat (29/7) lalu, dari 615.179 jiwa target sasaran vaksin di Buleleng, dosis I menyentuh angka 83,60 persen atau 514.306 orang. Sedangkan vaksin dosis II di angka 73,12 persen atau 450.370 orang dan dosis III baru di angka 46,33 persen atau 249.238 orang.  

Sementara itu terkait rencana pemerintah akan memberlakukan vaksin booster kedua bagi tenaga kesehatan, saat ini sedang disiapkan Satgas Covid-19 Buleleng. Dinas Kesehatan sedang melakukan pendataan jumlah nakes di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

“Saya rasa vaksinasi booster tidak beda jauh dengan sebelumnya, begitu siap langsung dilaksanakan,” kata Suyasa. Di sisi lain perkembangan kasus Covid-19 di Buleleng Sabtu selain menambah 15 kasus konfirmasi baru, 3 orang pasien juga dinyatakan sembuh. Satu orang meninggal dunia dan 86 orang menjalani perawatan. *k23

Komentar