nusabali

90% Pengguna QRIS adalah UMKM

  • www.nusabali.com-90-pengguna-qris-adalah-umkm

JAKARTA, NusaBali
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkap jumlah pengguna QR Indonesia Standard (QRIS) telah mencapai 18,3 juta merchant.

Dimana 90 persen diantaranya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan adanya perkembangan yang cukup cepat, ia pun menaruh target adanya penambahan merchant yang bergabung dengan QRIS. Khususnya, kata dia, di sektor UMKM yang disebut sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional.
 
“QRIS 18,7 merchant dan pengguna tersambung itu 90 persen adalah UMKM dan Insyaallah tahun ini 30 juta dan semoga dalam tiga tahun ke depan seluruh UMKM itu 65 juta sudah terdigitalkan,” katanya dalam Leader’s Talk, Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), seperti dilansir liputan6.com, Senin (11/7)

Lebih jauh dari capaian tersebut, Perry mengungkap digitalisasi yang dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia mampu menyelamatkan Indonesia yang ekonominya tertekan akibat Covid-19. Salah satu upaya lainnya adalah adanya percepatan transaksi sektor ritel.

“Kita tahun lalu juga meluncurkan jalan tol untuk transaksi ritel, yaitu fast payment, dan alhamdulillah kemarin waktu lebaran itu menjadi penyelamat (ekonomi) karena covid-19,” katanya.

Di samping itu, ia juga mengungkap sejumlah upaya dalam melakukan digitalisasi di dalam negeri. Ia mengaku ini berkat dukungan pemerintah dan sejumlah pelaku industri yang turut serta mendorong digitalisasi.

“Demikian juga berbagai upaya yang dukungan kami dengan industri melakukan elektronifikasi bansos, elektronifikasi keuangan daerah,” katanya. *

Komentar