nusabali

MPLS SMP di Denpasar Dipusatkan di SMPN 2

  • www.nusabali.com-mpls-smp-di-denpasar-dipusatkan-di-smpn-2

DENPASAR, NusaBali
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP di Kota Denpasar yang dimulai, Senin (11/7), dipusatkan di SMPN 2 di Jalan Gunung Agung, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara.

MPLS ini digelar untuk memperkenalkan sekolah dan menjalin interaksi antara warga sekolah dan siswa serta mengenali potensi diri siswa baru.

MPLS tersebut dibuka Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara dihadiri Ketua Komisi I DPRD Denpasar I Ketut Suteja Kumara, Ketua MKKS SMP Denpasar I Wayan Murdana, serta kepala sekolah SMP negeri dan swasta di Kota Denpasar.

Kadisdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, mengatakan penyelenggaraan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan mengenai lingkungan sekolah bagi siswa baru. Hal ini lantaran setiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya.

“Adanya ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan dijalankan sebelumnya perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada pada jenjang pendidikan saat ini, yang lebih sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis siswa,” kata Agung Wiratama.

Agung Wiratama mengatakan, MPLS berlangsung 11 – 13 Juli 2022, yang kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial pada 14 Juli 2022 di lingkungan sekolah.

Sasaran MPLS yakni murid kelas VII baik negeri maupun swasta dengan melibatkan pengurus OSIS, guru, serta instansi terkait. MPLS ini diharapkan dapat mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah.

Selain itu juga menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persaudaraan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Walikota Jaya Negara menjelaskan, sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas utama, yakni dengan mewujudkan pendidikan yang lebih bermutu, relevansi, berdaya saing, dan terakses merata di setiap wilayah sehingga semua siswa bisa mendapatkan pendidikan yang sama.

“Untuk mewujudkan itu perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan pelayanan pendidikan, meningkatkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal,” ujar Walikota Jaya Negara.

Dijelaskannya, MPLS bagi peserta didik baru merupakan kegiatan sangat penting untuk memperkenalkan lingkungan barunya. “Agar diketahui dan dipahami dengan baik, sehingga mereka merasa nyaman dan aman sebagai peserta didik baru karena diperlakukan dengan baik, wajar, dan ramah oleh seluruh warga satuan pendidikan barunya,” tandas Walikota Jaya Negara. *mis

Komentar