nusabali

387 Hewan Kurban Dipotong di Jembrana

  • www.nusabali.com-387-hewan-kurban-dipotong-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
Jajaran Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Jembrana turun melakukan pemeriksaan daging hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, Minggu (10/7).

Sesuai data Distangan Jembrana, total ada sebanyak 387 hewan kurban berupa 182 ekor sapi dan 205 ekor kambing yang dipotong di Jembrana.

Jumlah hewan kurban itu, terdata dari sejumlah lokasi. Baik masjid, musala, pondok pesantren, yayasan, hingga pemotongan hewan kurban yang dilakukan secara pribadi. Pemotongan hewan kurban terbanyak ada di wilayah Kecamatan Melaya dengan jumlah 120 ekor yang terdiri dari 42 ekor sapi dan 78 ekor kambing.

Kemudian di wilayah Kecamatan Jembrana sebanyak 88 ekor (40 sapi dan 44 kambing). Kecamatan Pekutatan sebanyak 76 ekor (24 sapi dan 52 kambing), Kecamatan Negara 57 ekor (45 sapi dan 12 kambing), dan Kecamatan Mendoyo 50 ekor (31 sapi dan 19 kambing). Dari hasil pemeriksaan petugas, seluruh hewan kurban itu dipastikan dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) pada Distanpangan Jembrana Drh I Wayan Widarsa mengatakan, sebelum dipotong, sebelumnya telah dilakukan pemeriksan terhadap kondisi hewan kurban tersebut. Untuk melakukan pemeriksaan itu, dikerahkan sebagian 21 dokter hewan. "Kita punya 21 dokter hewan. Baik yang di dinas termasuk dokter hewan di tiap kecamatan. Itu semua kita terjunkan," ujarnya.

Widarsa menjelaskan, pemeriksan hewan kurban itu dilakukan dua kali. Pertama ante mortem atau pemeriksan sebelum hewan dipotong yang sudah dilaksanakan sejak beberapa hari sebelumya. Kemudian post mortem atau pemeriksaan hewan setelah dipotong. "Dari pemeriksan di lapangan, semua dalam kondisi sehat dan layak konsumsi," ucapnya. *ode

Komentar