nusabali

Jelang Tahun Politik, PPM Kuatkan Wawasan Kebangsaan

  • www.nusabali.com-jelang-tahun-politik-ppm-kuatkan-wawasan-kebangsaan

SINGARAJA, NusaBali - Pemuda Panca Marga (PPM) di 148 desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng dan Menwa Ugracena Undiksha menjalani pra pendidikan latihan dasar pembentukan karakter dan penguatan nasionalisme. 

PPM diminta memperkuat wawasan kebangsaan menjelang tahun politik Pemilu 2024.

Pendidikan dan latihan dasar PPM dilaksanakan di markas Batalyon Infanteri Raider 900 Satya Bhakti Wirotama, Jumat (8/7) hingga Minggu (10/7) besok. Selama tiga hari pendidikan dan pelatihan, peserta diberikan materi implementasi nilai-nilai wawasan kebangsaan, 4 konsensus dasar yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono saat membuka acara mengatakan, pendidikan dan latihan dasar merupakan pengimplementasian nilai-nilai wawasan bela negara. 

Menurutnya upaya pendidikan bela negara pada generasi muda tidak hanya tanggung jawab pemerintah. Namun seluruh elemen masyarakat.

“Kami juga ingin mengajak seluruh komponen masyarakat dalam organisasi kepemudaan atau organisasi masyarakat untuk terus memberikan pendidikan bela negara dalam wawasan yang lebih luas,” ujar Kappa saat membacakan sambutan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Kappa  menambahkan, dalam menyambut tahun politik pemerintah memiliki tugas menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan, pendidikan politik dan kewaspadaan dini. “Penanaman nilai-nilai kebangsaan ini pun sangat penting, untuk tetap menjaga kesatuan berbangsa dan bernegara,” ujar Kappa.

Sementara Ketua Pengurus Cabang PPM Kabupaten Buleleng Ni Made Cantiari menjelaskan tujuan dari kegiatan latihan untuk membina dan mendidik generasi muda. Sehingga generasi muda penerus bangsa mempunyai nasionalisme yang kuat. Mereka juga diharapkan dapat menjadi panutan di desa masing-masing dalam membantu perbekel dalam membangun desa. “Kita bina dan didik untuk berlatih serta meningkatkan disiplin, sehingga bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara,” kata Cantiari. k23

Komentar