nusabali

Yowana Abiansemal Gelar Lomba Bapang Barong dan Mekendang

Lestarikan Seni dan Budaya

  • www.nusabali.com-yowana-abiansemal-gelar-lomba-bapang-barong-dan-mekendang

MANGUPURA, NusaBali
Penyelenggaraan Pekan Seni dan Budaya Yowana Abiansemal diisi dengan lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal se-Badung, Sabtu (2/7) di Warung Semana, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal.

Mengambil tema ‘Taksuning Urip, Menjadikan Hidup Berguna dan Bermanfaat Bagi Semua Orang’, lomba tersebut ternyata menarik minat masyarakat.

Ketua Panitia Ida Bagus Agung Adhitya, mengatakan acara pekan seni dan budaya ini bertujuan untuk membangkitkan kembali potensi seni dan budaya di Kecamatan Abiansemal. Dalam acara lomba ini, Yowana Abiansemal ingin mengembangkan potensi seni dan budaya generasi muda dari Badung utara hingga Badung selatan, khususnya bapang barong dan mekendang tunggal.

“Lomba ini diikuti 20 peserta terdiri dari kategori umur 14 sampai dengan 25 tahun. Adapun materi lomba yang diperlombakan, di antaranya Topeng, Condong, Guak Macok,” jelas Adhitya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga dikemas dengan pola modern, mulai dari progres perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan. Sebagai salah satu penentuan juara favorit, penampilan ini berdasarkan interaksi atau like di sosial media.

Perlombaan dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung. Turut mendampingi Ketua DWP Kabupaten Badung Ny Rasniathi Adi Arnawa, Kadis Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, Kepala BPBD I Wayan Darma, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Mambal I Nyoman Sugiarta, Perbekel Sibang Kaja Ni Nyoman Rai Sudani, Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Badung Anak Agung Putu Sutarja, Bendesa Adat Umahanyar I Ketut Nuridja, Bendesa Adat Mambal IB Anom Darmawan, Owner Warung Semana Ida Bagus Pada Kusuma beserta tokoh masyarakat setempat. Pada kesempatan tersebut Adi Arnawa menyerahkan dana Pemkab Badung sebesar Rp 20 juta kepada ketua panitia disaksikan oleh seluruh masyarakat setempat.

Adi Arnawa memberikan apresiasi kepada para yowana se-Kecamatan Abiansemal, yang telah melestarikan budaya dengan penyelenggaraan pekan seni dan budaya yang ada di wilayah Bali khususnya di Badung ini. “Ini merupakan langkah baik yang dilakukan oleh para yowana di wilayah Kecamatan Abiansemal,” ujarnya.

“Kami selaku pemerintah tetap akan mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh yowana, seperti penyelenggaraan pekan seni dan budaya ini,” kata Adi Arnawa. *ind

Komentar