nusabali

PDI Perjuangan Kucurkan Beasiswa

Penutupan Bulan Bung Karno Secara Serentak

  • www.nusabali.com-pdi-perjuangan-kucurkan-beasiswa

BANGLI, NusaBali
Penutupan kegiatan Bulan Bung Karno secara serentak dilaksanakan jajaran DPD dan DPC PDI Perjuangan di seluruh Bali.

DPC PDIP Bangli dan DPC PDIP Jembrana menutup kegiatan tahunan ini dengan mengucurkan beasiswa kepada siswa SD, SMP, SMA/SMK, SLB (Sekolah Luar Biasa) di Sekretariat DPC masing-masing, Kamis (30/6) siang.

“DPC PDIP Bangli menyerahkan beasiswa untuk siswa ini sebagai bentuk kepedulian PDI Perjuangan kepada masyarakat kurang mampu di Kabupaten Bangli,” ujar Bendahara DPC PDIP Bangli I Ketut Suastika di Sekretariat DPC PDIP Bangli, Kelurahan Bebalang, Bangli, Kamis (30/6).

Suastika menambahkan, beasiswa dibagikan untuk siswa SD sebanyak 24 orang, SMP 25 orang, SLB sebanyak 24 orang, SMK dan SMA masing-masing 25 orang. Kemudian besaran beasiswa untuk setiap siswa SD sebesar Rp 200.000. Sementara siswa SMP, SMK dan SMA masing-masing menerima sebesar Rp 500.000. Kemudian untuk setiap siswa SLB menerima sebesar Rp 250.000.

Para siswa penerima beasiswa kemarin tidak semuanya hadir, namun yang tidak mereka diwakilkan orang tuanya. “Siswa penerima kami undang untuk hadir di sekretariat partai. Memang ada juga siswa yang tidak bisa hadir langsung, namun diwakilkan oleh orang tuanya,” ungkap politisi asal Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku ini seraya menyampaikan pemberian beasiswa ini akan terus berkelanjutan.

Kata dia, beasiswa yang diserahkan ini merupakan hasil gotong royong dari para kader. Pemberian beasiswa ini menjadi salah satu program PDI Perjuangan.  Tidak hanya itu saja, Suastika yang juga Ketua DPRD Bangli ini mengatakan Pemerintah Daerah Bangli, juga akan mengalokasikan anggaran untuk mendukung warga Bangli yang hendak bekerja keluar negeri. Langkah ini dilakukan agar perekonomian masyarakat bisa meningkat. Kata dia, PDI Perjuangan mengusulkan program ini bisa dianggarkan dengan segera oleh pemerintah. “Dialokasikan anggaran Rp 2 miliar untuk membantu warga yang kerja ke luar negeri. Penyalurannya dalam bentuk kredit lewat Bank Pembangunan Daerah, dengan bunga yang ringan,” tegasnya.

Sementara DPC PDIP Jembrana  memberikan beasiswa kepada 125 siswa kurang mampu. Mulai dari tingkat SD (25 orang), SMP (25 orang), SMA (25 orang) dan SMK (25 orang) dan SLB (25 orang). Beasiswa diserahkan DPC PDIP Jembrana di Ruang Rapat PDIP Jembrana, Jalan Ngurah Rai, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kamis (30/6).

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jembrana I Ketut Sudiasa mengatakan, program beasiswa kepada siswa kurang mampu ini, merupakan salah satu wujud nyata program pro rakyat dari PDIP. Salah satu program pro rakyat ini, rencananya akan rutin dilaksanakan. “Program ini digagas PDIP Bali. Ke depan setiap anggota fraksi akan turun ke bawah mencari masyarakat yang memang membutuhkan untuk dibantu,” ujar Sudiasa yang juga Bendahara DPC PDIP Jembrana.

Kata Sudiasa, besaran beasiswa yang diberikan untuk setiap siswa SMP,SMA/SMK masing-masing sebesar Rp 500.000. Sedangkan untuk setiap siswa SD dan SLB masing-masing menerima sebesar Rp 300.000.

“Walaupun jumlah yang kami bagikan ini kecil, kita harap bermanfaat. Ini sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Apalagi dalam situasi Pandemi Covid-19 ini. Sehingga bisa meringankan biaya sekolah mereka,” ujar politisi asal Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara ini.

Sudiasa menambahkan, para siswa penerima beasiswa selain keluarga kurang mampu juga siswa yatim/piatu. Di sela-sela kegiatan tersebut, Sudiasa pun berpesan kepada para siswa ini agar selalu rajin belajar dalam mengejar cita-cita. “Kami berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah meluangkan waktunya datang ke kantor DPC PDIP untuk menghadiri kegiatan ini. Semoga apa yang sudah diterima dapat bermanfaat,” pungkas Sudiasa. *esa, ode

Komentar