nusabali

10 Ogoh-ogoh Terbakar Misterius

  • www.nusabali.com-10-ogoh-ogoh-terbakar-misterius

Patroli pecalang tidak sampai ke Pantai Amed, saat malam itulah terjadi pembakaran ogoh-ogoh secara misterius

Keesokan harinya, Buda Pon Sungsang, Rabu (29/3), sejumlah pemuda dari Desa Pakraman Tukad Besi mendatangi pantai untuk mengecek ogoh-ogoh yang dipajangnya. Mereka kaget karena ogoh-ogoh hasil karyanya telah jadi arang.

Sebenarnya ogoh-ogoh itu telah dipralina secara simbolis menggunakan tirtha dari Pura Dalem, Desa Pakraman Tukad Besi, tinggal menunggu dibakar. I Wayan Dana, warga Banjar Amed dihubungi mendengar ada kabar ogoh-ogoh dibakar di pantai. “Saya dengar ada ogoh-ogoh dibakar, bisa jadi pemiliknya yang membakar, lebih lanjut saya kurang tahu,” jelas I Wayan Dana.

Penyarikan Desa Pakraman Tukad Besi I Nengah Karyawan juga membenarkan, ada kasus membakar ogoh-ogoh, kejadiannya saat malam Nyepi. “Saya dapat laporan, terjadi pembakaran ogoh-ogoh saat malam Nyepi, pelakunya saya tidak tahu,” ujar I Nengah Karyawan yang juga Perbekel Purwekerti.

I Nengah Karyawan mengingatkan, untuk lebih jelasnya, agar mengecek kejadian itu ke Pantai Amed. Secara terpisah, Kapolsek Abang AKP I Nyoman Sugita Yasa membenarkan dapat informasi terjadi pembakaran ogoh-ogoh bertepatan malam Nyepi. “Benar ada pembakaran ogoh-ogoh saat malam Nyepi, saya belum dapat laporan lebih lanjut mengenai pelaku yang dicurigai. Sebab, secara resmi pihak pemilik ogoh-ogoh tidak melapor,” kata AKP Sugita Yasa. Selama pemiliknya belum merasa keberatan, katanya, petugas belum melakukan penyelidikan. *k16

Komentar