nusabali

Resep Nasi Goreng Spesial Anti Gagal, Dijamin Lezat

  • www.nusabali.com-resep-nasi-goreng-spesial-anti-gagal-dijamin-lezat

DENPASAR, NusaBali.com - Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang begitu digemari masyarakat. Rasanya nikmat, kemudian cara penyajiannya pun cukup mudah. Di Indonesia, nasi goreng adalah makanan yang biasa disajikan kapan saja, siang atau malam.

Makanan ini adalah adaptasi dari negeri China. Bruce King dalam buku Street Food Around the World An Encyclopedia yang terbit pada 2013, menyebut nasi goreng dahulu banyak dikonsumsi para petan Chinai. 

“Keluarga petani yang memiliki nasi sisa, tidak akan membuangnya. Keesokan harinya mereka akan mengolahnya kembali dengan sedikit minyak dan campuran sayur,” katanya.

Ada begitu banyak resep nasi goreng enak yang bisa Anda coba sesuai selera Anda. Anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap seperti telur, bakso, udang hingga suwiran ayam. 

Setelah berbelanja berbagai bahannya, mari kita coba resep masakan sehari hari yang lezat ini. 

Bahan 
- 1 potong paha ayam atas bawah rebus, suwir ayamnya
- 2 butir telur, kocok lepas
- 150 gram udang tanpa kulit  
- 5 buah bakso sapi, potong-potong
- 5 buah bakso ikan, potong-potong
- 500 gram nasi putih 
- 2 sendok makan kecap 
- 1 sendok teh garam 
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1 batang daun bawang, diiris tipis 
- 1 1/2 sendok makan bawang goreng untuk taburan 
- 3 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu Tumbuk Kasar :
- 1 sendok teh terasi, bakar 
- 3 buah cabai merah besar 
- 3 buah cabai merah keriting 
- 2 siung bawang putih 
- 6 butir bawang merah 

Bahan Pelengkap :
- 3 buah telur ceplok 

Cara Memasak
Panaskan minyak kemudian tumis bumbu tumbuk kasar hingga harum. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur dan aduk sampai berbutir.

Tambahkan  ayam, udang, bakso. Aduk rata. Tambahkan nasi putih, kemudian aduk- aduk. Masukkan kecap garam, dan gula pasir. Aduk hingga matang.

Masukkan daun bawang. Sajikan dengan telur ceplok dan taburan bawang merah goreng.  

Trik Membuat Nasi Goreng yang Lezat
Pilih beras yang agak pera. Usahakan untuk tidak memilih nasi yang pulen. Pakai nasi yang sudah bersuhu ruangan. Apabila nasi baru matang dan masih mengepul, tunggu beberapa saat karena bila langsung dimasak akan lengket di wajan. 

Pastikan takaran bumbu nasi goreng sesuai. Idealnya, bawang merah harus lebih banyak dari bawang putih dan cabe merah. Tambahkan terasi yang sudah dibakar atau ebi jika Anda menyukainya. 

Tumis bumbu agar lebih awet. Pastikan komposisi nasi dan bumbu sesuai. Untuk menu 200 gram nasi, gunakan bumbu sebanyak 1,5 hingga 2 sendok makan. 

Berikutnya, pisahkan pemrosesan daging. Apabila Anda ingin menggunakan daging, sebaiknya proses terlebih dahulu secara terpisah. Terlebih jika ingin menggunakan daging kambing atau sapi, dengan begitu daging akan lebih empuk alias tidak alot.

Jika Anda ingin menjadikan menu nasi goreng Anda lebih sehat, gunakan jua daging tidak berlemak seperti dada ayam tanpa kulit, ikan, atau telur jenis rendah kolesterol. 

Gunakan wajan berbahan baja hitam. Jika Anda menggunakan wajan teflon, umumnya aroma yang enak kurang keluar. Hanya saja, wajan baja memang cenderung lebih mudah lengket. Untuk itu, panaskan dulu wajan, berikan minyak dan ratakan, tumis telur kocok hingga jadi dadar lalu buat orak arik, kemudian tumis bumbu. 

Gunakan kompor dengan pengaturan api. Saat menumis bumbu, memasukkan nasi, dan menambahkan kecap, gunakan api kecil. Saat semua sudah tercampur, termasuk daging atau seafood, gunakan api besar.

Komentar