nusabali

POSSI Bali Usul Tambah Lima Nomor Selam

  • www.nusabali.com-possi-bali-usul-tambah-lima-nomor-selam

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali secara resmi mengusulkan penambahan lima nomor dalam ajang Porprov Bali XV/2022, pada 20-27 November.

Yakni, tiga nomor dari selam kolam, dan dua nomor selam laut. Penambahan lima nomor itu mengacu surat keputusan PB POSSI untuk proyeksi PON XXI/2024 di Sumut dan Aceh.

"Surat usulan penambahan nomor sudah kami sampaikan pada Sabtu (11/6) lalu, surat itu juga ditembuskan ke KONI Kabupaten/Kota, serta Pengkot dan Pengkab POSSI di Bali," kata Ketua Umum Pengprov POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya, Senin (13/6).

Menurut Bagus Partha Wijaya, penambahan untuk lima nomor kolam terdiri dari tiga putra dan dua putri. Yakini, tiga nomor  Finswimming (Selam Kolam) untuk sektor putra, untuk 4 X 100 M Surface, 4 X 100 M Bifins Mixed, dan 400 M Bifins. Sedangkan dua nomor Finswimming (selam kolam) putri, yakni  untuk 4 X 100 M Surface, 400 M Bifins, serta satu nomor 1.500 M Putra dan satu nomor 1.500 M putri Open water finswimming (nomor laut).

"Kita masih menunggu terkait usulan tersebut, harapannya tetap disetujui oleh KONI Bali," kata Bagus Partha, yang juga Wakil Ketua Pengadilan Militer Manado.

Bagus Partha mengatakan, usulan penambahan itu berdasarkan surat PB POSSI Nomor 255/PB POSSI/V/2022 tanggal 27 Mei 2022 perihal usulan nomor perlombaan dan Teknikel Delegate (TD) pada PON XXI/2024 di Sumut dan Aceh. Bagus Partha Wijaya yang juga mahasiswa S3 Hukum Unud Denpasar menyebutkan, semua ini juga terkait perkembangan cabor selam di Bali, dan prestasi yang diperoleh dalam PON XX/2022 di Papua. Ini juga salam upaya memberikan daya tarik terhadap perkembangan pembinaan cabor selam di Bali.

Anggota TNI AL itu mengakui, penambahan itu ini juga sangat bagus terkait kesiapan Pengkab/Kota POSSI se Bali agar ada penambahan nomor yang dipertandingkan. Menurutnya, total di Porprov nanti ada 31 nomor dipertandingan, yang trdiri dari 13 nomor finswimming putra, 12 nomor finswimming putri, tiga nomor OWF putra, dua nomor OWF putri. Jadi semuanya 31 dari 37 nomor yang dilombakan di PON XXI/2024 di Sumut dan Aceh. *dek

Komentar