nusabali

Sebulan, Satpolairud Selamatkan 932 Telur Penyu di Siyut

  • www.nusabali.com-sebulan-satpolairud-selamatkan-932-telur-penyu-di-siyut

GIANYAR, NusaBali
Selama April - September 2022, Satpolairud Polres Gianyar tidak hanya bertugas menyelamatkan masyarakat yang terseret arus air laut.

Namun aparat ini juga memberikan perhatian pada telur penyu, karena pada bulan tersebut merupakan musim penyu bertelur.

Per Mei-Juni 2022, Satpolairud telah menyelamatkan 932 butir telur penyu. Saat ini telur tersebut ditangkar di Penangkaran Swadaya Pantai Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Gianyar. Kasatpolairud Polres Gianyar AKP I Wayan Antariksawan, Kamis (9/6),  mengatakan penyu yang tergolong hewan dilindungi harus diperhatikan kelangsungannya. Perhatian tersebut bukan hanya pada penyu itu sendiri. Tetapi juga pada telurnya.

"Jika telur ini dibiarkan di alam bebas, maka sangat riskan. Karena bisa makan anjing, biawak atau diambil oleh orang yaang tidak bertangung jawab. Oleh karena itu, kami pun rutin menggelar patroli bersama pemerhati penyu untuk mencari telur penyu yang akan ditetaskan di penangkaran. Setelah menetas akan dikembalikan laut," ujar AKP Antariksawan.

AKP Antariksawan bersyukur lantaran yang membantunya mencari sarang telur penyu ini, juga datang dari para pemancing. Seperti pada Senin, 6 Juni 2022, pukul 15.00 Wita, pihaknya mendapatkan informasi dari  pemancing di Pantai Siyut, bahwa ditemukan sarang telur penyu. "Kami diinformasikan bahwa diduga ada sarang telur penyu, karena di sekitarnya ada anjing liar yang sedang menggali pasir. Setelah ditelusuri ternyata anjing tersebut telah menemukan tempat yang diduga sebagai sarang bertelurnya penyu," ujarnya

Setelah digali ternyata benar ditemukan telur penyu sebanyak 114 butir. "Sekitar pukul 16.00 Wita, dipindahkan kepenangkaran swadaya yang berada di Pantai Siyut," ungkap Antariksawan. *nvi

Komentar