nusabali

Wales Lolos ke Piala Dunia, Setelah Menunggu 64 Tahun

  • www.nusabali.com-wales-lolos-ke-piala-dunia-setelah-menunggu-64-tahun

CARDIFF, NusaBali
Timnas Wales mencapai putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, usai kemenangan emosional 1-0 atas Ukraina di Stadion Cardiff City, Senin (6/6) dinihari WITA.

Sukses itu menjadi sejarah, karena Wales kembali ke putaran final Piala Dunia setelah 64 tahun menunggu. Terakhir kali, Wales tampil di Piala Dunia pada 1958. Di Piala Dunia 2022 Qatar, Wales tergabung dalam Grup B dan akan menghadapi Inggris, Iran, dan Amerika Serikat saat turnamen dimulai pada November.

Fans Wales mengatakan kepada BBC, mereka tidak pernah berpikir akan melihat momen ini dalam hidup. Pejabat kementerian Wales, Michael Sheen, Gabby Logan, dan banyak selebriti negara itu bergabung dengan para suporter dari seluruh dunia memuji tim.

"Sungguh menakjubkan apa yang bisa kita capai ketika seluruh negara bersatu," kata Mark Drakeford.

Para suporter meninggalkan Stadion Cardiff City setelah pertandingan di tengah hujan lebat bernyanyi dan bersorak untuk merayakan lolosnya Wales ke Piala Dunia.

"Ini pertama kalinya dalam kedua hidup kami bahwa kami melihat Wales lolos ke final Piala Dunia," kata Llanelli (63), yang ke stadion bersama cucunya, Katie (14 tahun).

Dengan lolosnya Wales ke Qatar, masih ada dua slot tersisa yang diperebutkan empat tim lewat babak play-off interkontinental. Yakni, Kosta Rika, Peru, Selandia Baru, dan wakil dari Asia.

Wakil dari Asia belum ditentukan karena menunggu pemenang putaran keempat antara Uni Emirat Arab dan Australia. Nantinya, pemenang laga itu akan berjumpa Peru sebagai wakil CONMEBOL. Sedangkan Kosta Rika bertemu Selandia Baru.

Usai Wales lolos ke Piala Dunia, membuat sang kapten tim Gareth Bale menunda rencana pensiun. Bale menjadi pahlawan dan memimpin Wales tampil di Qatar.  

Pemain Real Madrid itu menunjukkan performa kuat dalam laga melawan Ukraina. Tendangan bebasnya di babak pertama membuat Wales unggul saat Andriy Yarmolenko membelokkan bola ke gawangnya sendiri.

Banyak spekulasi masa depan Bale dalam beberapa pekan terakhir, usai dia mengakhiri masa sembilan tahun bersama Real Madrid pekan lalu. Bale pasti tidak akan pensiun dalam waktu dekat, seperti yang dia katakan langsung setelah pertandingan selesai. *

Komentar