nusabali

Bupati Suwirta Minta Pengurus LPD Transparansi

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-minta-pengurus-lpd-transparansi

SEMARAPURA, NusaBali
Sejumlah kasus penyelewengan dana pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Klungkung oleh oknum pengurus LPD, mendapat perhatian Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Dia meminta agar pengurus LPD memberikan pelayanan secara transparan kepada masyarakat. Bupati Suwirta menegaskan itu saat menghadiri puncak perayaan HUT ke-33 LPD Desa Adat Sampalan, Kecamatan Dawan, Klungkung, di Wantilan Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Sampalan, Sabtu (28/5). Hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung I Wayan Suteja, Camat Dawan Dewa Widiantara dan tokoh masyarakat setempat.

Seperti diketahui, kasus penyelewengan dana LPD belakangan ini terjadi di LPD Desa Adat Ped, Kecamatan Nusa Penida, dengan kerugian Rp 4.421.632.060. Penyelewengan oleh Made Sugama (mantan Ketua LPD Desa Adat Ped), dan anak buahnya, Gede Sartana. Mereka sama-sama dijatuhi hukuman 4 tahun penjara dalam sidang online Pengadilan Tipikor Denpasar, Selasa (26/4) lalu.

Teranyar, Kejaksaan Negeri (Kejari) Klungkung kini tengah membidik kasus dugaan penyelewengan dana LPD Bakas, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Kasus ini mencuat karena ada laporan oleh warga selaku nasabah LPD Desa Adat Bakas. Nasabah LPD tersebut kesulitan menarik dana tabungan di LPD. Masyarakat menduga ada yang tidak beres dalam pengelolaan keuangan LPD Bakas.

Bupati mengapresiasi pengurus LPD Desa Adat Sampalan yang sudah bertugas dan kewajiban, dan melayani secara transparan. "Semoga kedepan LPD Desa Adat Sampalan selalu diberikan kepercayaan dan selalu berada bersama masyarakat," harapnya.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini, menyambut baik peringatan HUT LPD ini. Karena sudah dua tahun lebih kegiatan seperti ini tidak dilaksanakan karena kasus pandemi Covid-19. Bupati Suwirta tetap mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur dan menjaga kesehatan dengan baik. "Mari bersama-sama jaga dan dimiliki LPD ini," pesan Bupati Suwirta.

Ketua Panitia I Putu Ariadi mengatakan peringatan HUT LPD ini mengusung tema ‘Mewujudkan Desa Adat Berlandaskan Tri Hita Karana’. Dia berharap kedepan agar masyarakat bisa lebih memahami fungsi LPD serta mengajak masyarakat untuk ikut membangun Desa Adat Sampalan. Sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan jalan santai sekaligus juga diisi penyerahan paket sembako kepada masyarakat. *wan

Komentar