nusabali

Sebanyak 1.000 Siswa SMP Dikerahkan dalam Parade Semaphore Pramuka

Semarakkan Puncak Peringatan HUT ke-818 Kabupaten Bangli Hari Ini

  • www.nusabali.com-sebanyak-1000-siswa-smp-dikerahkan-dalam-parade-semaphore-pramuka

Semaphore ini merupakan media komunikasi dengan bahasa kode atau simbol. Para siswa akan membuat gerakan yang memuat Dirgahayu Bangli.

BANGLI, NusaBali
HUT ke-818 Kabupaten Bangli yang jatuh pada, Selasa (10/5) hari ini akan diisi apel peringatan di Alun-alun Bangli. Dalam apel ini akan ditampilkan  Parade Semaphore Pramuka dengan melibatkan 1.000 orang pelajar tingkat SMP. Mereka akan tampil selama sekitar 10 menit usai pelaksanaan apel peringatan HUT ke-818 Bangli digelar.  

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Komang Pariarta mengatakan parade semaphore pramuka ini digelar untuk menyemarakkan HUT ke-818 Kabupaten Bangli. Parade semaphore ini melibatkan siswa-siswa SMP se-Kecamatan Bangli. Siswa yang terlibat sebanyak 1.000 orang.

Semaphore ini merupakan media komunikasi dengan bahasa kode atau simbol. Para siswa akan membuat gerakan yang memuat Dirgahayu Bangli. Mereka akan membentuk huruf abjad, gerak bendera per huruf, sehingga terbaca Dirgahayu Bangli. "Selain memeriahkan HUT Bangli, parade semaphore ini juga untuk membangkitkan semangat Pramuka," ungkap Kadis Komang Pariarta kepada NusaBali, Senin (9/5).

Dia menambahkan dengan melandainya kasus Covid-19 kegiatan ini bisa melibatkan siswa dalam jumlah banyak. Ada 5 SMP se-Kecamatan Bangli yang terlibat, yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4 dan SMPN 5 Bangli. Perwakilan per sekolah sebanyak 200 orang siswa. "Namun untuk di SMPN 5 Bangli pesertanya kurang, sehingga ditambah oleh siswa dari SMPN 1 Bangli. Sehingga total ada 1.000 siswa," terangnya. SMPN 1 Bangli karena jumlahnya siswanya banyak ikutkan peserta sebanyak 300 orang siswa. Sementara SMPN 5 hanya ikutkan 100 orang siswa, karena memang jumlah siswanya sedikit.

Masing-masing sekolah sudah melakukan latihan sejak dua minggu terakhir. Mereka menjalani latihan di sekolah masing-masing. Kemudian seluruh siswa dipertemukan saat gladi yang digelar, Senin kemarin. "Gladi kami lakukan dua kali. Sebelumnya siswa sudah dilatih di sekolah. Sehingga saat gladi tinggal memantapkan gerakan dan kekompakan," kata pejabat asal Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli ini.

Parade semaphore pramuka ini akan ditampilkan usai Apel Peringatan HUT ke-818 Bangli yang dimulai pada pukul 08.00 Wita. Begitu pasukan atau peserta apel dibubarkan, maka siswa akan langsung masuk ke alun-alun dengan diiringi Mars Pancasila. Tidak hanya itu, setelah parade semaphore akan dinyanyikan lagu Gebyar. “Parade sekitar 10 menitan,” ungkap Pariarta.

Karena melibatkan siswa dalam jumlah banyak, panitia telah menyiapkan tenaga kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI). Selain itu tetap menekankan protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan Covid-19. “Para siswa juga didampingi perwakilan guru dari sekolah masing-masing. Semoga semua lancar dan bisa menyemarakkan perayaan HUT ke 818 Bangli,” katanya.  

Dilansir dari sejumlah sumber, Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita menggunakan bendera, dayung, batang tangan kosong atau sarung tangan. Semaphore berfungsi untuk alat komunikasi jarak jauh. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi cara mengirim sandi-sandi rahasia sehingga tidak diketahui oleh orang lain atau orang awam. Pencipta semaphore adalah Sandi Morse yang merupakan warga negara Amerika. Semaphore dahulu digunakan ketika terjadi perang sipil di Amerika Serikat dengan cara berdiri di suatu tempat yang tinggi atau 2-3 meter di atas permukaan tanah dan melakukan isyarat bendera.

Masih menurut Pariarta menyebutkan tidak hanya Parade Semaphore Pramuka, saat pra resepsi HUT Bangli juga akan ditampilkan senam amora, senam profil Pancasila dan senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali. "Kami tidak saja melibatkan siswa di Kecamatan Bangli. Tapi siswa SMP dari kecamatan lainnya juga ikut berpartisipasi. Untuk senam melibatkan guru dari sekolah di tiga kecamatan," sambungnya.

Senam amora akan dibawakan dari Kecamatan Susut, senam Profil Pancasila dari Kecamatan Kintamani dan senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali dari Kecamatan Tembuku. Masing-masing kecamatan melibatkan 100 orang.  Ditambahkanya, dilibatkan perserta ribuan ini sejatinya dimaksudkan untuk memberikan semangat terlebih lagi untuk mewujudkan Bangli Era Baru. *esa

Komentar