nusabali

891 Siswa SD Bersaing Menjadi Juara OSN

  • www.nusabali.com-891-siswa-sd-bersaing-menjadi-juara-osn

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 891 siswa tingkat SD bersaing menjadi juara OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Kecamatan Se-Karangasem. Para siswa mengikuti lomba IPA dan Matematika.

Lomba serentak digelar di 8 kecamatan. Masing-masing kecamatan menetapkan juara I, juara II, dan juara III di tiap mata pelajaran. Para juara di tingkat kecamatan tampil di OSN Tingkat Kabupaten Karangasem, Sabtu (14/5).

Kabid Pengelolaan Pendidikan SD dan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Bagus Jaya Arsana, memantau OSN di SDN 1 Karangasem, Jalan Gatot Subroto Amlapura, Rabu (4/5). Gusti Jaya Arsana mengatakan, OSN mata pelajaran IPA diikuti 468 siswa dan Matematika sebanyak 423 siswa. “Kami menjaring peserta OSN tingkat kecamatan, nantinya dilombakan di tingkat kabupaten untuk menentukan peserta yang akan dikirim di OSN Tingkat Provinsi Bali,” jelas Gusti Jaya Arsana.

Beda dengan OSN SMP langsung diadakan OSN Tingkat Kabupaten Karangasem selanjutnya dikirim ke pusat. Khusus tingkat SMP, tidak ada OSN Tingkat Provinsi Bali. “OSN SD dan OSN SMP tingkat kabupaten juga digelar bersamaan pada Sabtu (14/5) mendatang,” jelas mantan Sekcam Kecamatan Karangasem ini. Sementara Koordinator Wilayah Disdikpora Kecamatan Selat I Ketut Mertayasa mengakui telah menggelar OSN Tingkat Kecamatan Selat. OSN digelar di SDN 1 Selat, Banjar Selat Kelod, Desa/Kecamatan Selat, melibatkan 48 siswa untuk lomba Matematika dan 45 siswa untuk lomba IPA berasal dari 34 SD.

Juara OSN IPA dan juara OSN Matematika di Kecamatan Selat diborong siswi dari SDN 2 Duda Timur yakni Ni Wayan Yuliana Wulandari untuk OSN IPA dan Ni Putu Kirania Amryta Ghayatri untuk OSN Matematika. Juara II OSN IPA dimenangkan Ni Luh Putu Bintang Pratiwi dari SDN 4 Muncan dan juara III I Komang Wahyu Saputra dari SDN 3 Muncan. Juara II Lomba OSN Matematika dimenangkan I Putu Agus Arta Adi Putra dari SDN 1 Amerta Bhuana dan juara III Ni Kadek Arnita Yanti dari SDN 3 Muncan. *k16

Komentar