nusabali

Duta Denpasar Siapkan Drama Gong Penyalonarangan

Di Ajang Pesta Kesenian Bali Ke-44 Tahun 2022

  • www.nusabali.com-duta-denpasar-siapkan-drama-gong-penyalonarangan

DENPASAR, NusaBali
Sanggar Gita Bandana Praja menyiapkan Kesenian Drama Gong Tradisi  Penyalonarangan mewakili Kota Denpasar di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV (ke 44) Tahun 2022.

Hal tersebut terungkap saat pembinaan oleh Konsultan Kesenian di Jaba Pura Satria, Kawasan Puri Satria Denpasar, Selasa (3/5) malam.

Dalam pembinaan itu dihadiri Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana yang menyerahkan Bantuan Uang Pembinaan. Tampak hadir Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali AA Ngurah Adhi Ardhana, Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar Ketut Suteja Kumara, Kadisbud Kota Denpasar Raka Purwantara serta undangan lainnya.

Sajian pementasan dikemas apik dengan mengangkat cerita Baruna Murti. Mengambil penokohan di kawasan Batur dan Toh Langkir, sajian drama gong ini memasukkan unsur penyalonarangan. Terdapat pengundangan, sasab merana, watangan dan ngunying.

Konsultan Seni Kota Denpasar, Komang Astita mengatakan kesenian ini merupakan perpaduan antara seni tradisi Drama Gong dan Penyalonarangan. Hal ini sebagai bentuk kreatifitas seniman Kota Denpasar untuk menampilkan sesuatu yang baru. Kesenian yang juga menekankan sastra dalam lakonnya ini juga dikemas dengan konsep multi teater.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana didampingi Kadisbud Kota Denpasar Raka Purwantara memberikan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya Sanggar Gita Bandana Praja yang menjadi Duta Drama Gong Tradisi Penyalonarangan.  

“Kami berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB, khususnya Sekaa Drama Gong ini dapat menjaga penjiwaan dan emosi, segala usaha dan proses pasti memberikan hasil maksimal,” jelasnya.

Alit Wiradana menekankan bahwa catatan penting dalam pembinaan agar ditindaklanjuti sebaik mungkin. Sehingga dalam penampilan nanti sesuai dengan pakem, uger-uger serta pembawaan seni itu sendiri.

“Jadi masukan-masukan yang diberikan oleh tim pembina dan konsultan agar ditindaklanjuti untuk maksimalnya penampilan nanti, seluruh seniman harus tetap semangat berikan hasil maksimal, dan tetap jaga kesehatan,” ujarnya. *mis

Komentar