nusabali

Disdikpora Selat Gelar Lomba Sastra Bali

  • www.nusabali.com-disdikpora-selat-gelar-lomba-sastra-bali

AMLAPURA, NusaBali
Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kecamatan Selat I Ketut Mertayasa menyelenggarakan wimbakara Bahasa dan Sastra Bali 2022 serangkaian Hari Pendidikan Nasional.

Lomba melibatkan utusan dari 4 gugus. Perlombaan yang digelar yakni masatua Bali putra dan putri, macepat putra, serta nyurat aksara Bali putra dan putri. Perlombaan digelar di Yayasan Bali Kuna Santi, Jro Tumbuk, Banjar Santi, Desa/Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (29/4).

Dari empat gugus mengirim 2 siswa untuk masing-masing lomba hasil seleksi di tiap gugus. SDN 2 Duda Timur menyabet juara I lomba masatua Bali putri yang dipersembahkan Ni Putu Kurnia Amryta Gayatri. Juara II diraih Ni Ketut Somawati dari SDN 2 Amerta Bhuana dan juara III Ni Kadek Sevila Dwi Parwati dari SDN 2 Selat. Juara I lomba masatua Bali putra diraih I Made Pasek Arya Dana dari SDN 2 Amerta Bhuana. Juara II diraih I Made Esa Sukarno Yasa dari SDN 3 Muncan dan juara III diraih Ngakan Made Prema Giri Jaya dari SDN 1 Muncan.

Juara I macepat Bali kategori putra dimenangkan Gede Panca Kumara dari SDN 2 Peringsari, juara II diraih I Gede Tio Aryya Mahardika dari SDN 2 Duda Timur, dan juara III direbut I Gede Desta Putra Dana dari SDN 3 Amerta Buana. Lomba nyurat aksara Bali putra dimenangkan Made Darma Putra dari SDN 3 Duda dan juara nyurat aksara Bali putri diraih I Gusti AA Devi Kanaesya dari SDN 1 Selat.

Lomba masatua Bali dengan dewan juri I Gusti Ayu Witari, Ni Wayan Ningsih, dan I Gusti Ayu Candrawati. Lomba macepat Bali kategori putra dengan dewan juri I Ketut Kondra, Ni Wayan Wartini, dan I Made Eka. Korwil Disdikpora Kecamatan Selat, Ketut Mertayasa mengatakan, lomba ini untuk menjaring siswa berbakat bidang sastra Bali untuk dibina lebih lanjut sebagai wakil Kecamatan Selat di lomba tingkat kabupaten. *k16

Komentar