nusabali

Jelang Idul Fitri, Dishub Apel Gelar Pasukan

Siagakan 165 Personel untuk Penjagaan dan Pengamanan Lalu Lintas

  • www.nusabali.com-jelang-idul-fitri-dishub-apel-gelar-pasukan

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sarana Prasarana Badung Selatan, Jl Raya Kunti II Seminyak, Selasa (26/4).

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung Kadis Perhubungan Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma, dengan dihadiri ratusan personel. Dalam kesempatan ini turut hadir pula Kepala UPTD Pengelola Prasarana Teknis Perhubungan (P2TP) Badung Selatan Ida Bagus Putu Sudiyadnya, Plt UPTD Badung Utara Ni Ayu Novi Astuti, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Badung Gede Swastika, Sekretaris Perhubungan Kabupaten Badung I Nyoman Wirayudha, perwakilan Kabid Angkutan dan Perwakilan dari BPBD.

Usai apel gelar pasukan, Yuda Darma mengatakan pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Perhubungan. “Di tahun 2022, ada hal baru yang harus dimulai, karena di tahun sebelumnya, selama dua tahun tidak melaksanakan tugas dalam rangka pengamanan Idul Fitri akibat situasi pandemi Covid-19. Terkait dengan pelaksanaan pengamanan ini, yang kita lakukan yakni ingin mengingat kembali sekaligus menegaskan kepada para personel untuk siap siaga di masing-masing pos,” ujarnya.

Yuda Darma menambahkan, Dishub Badung bersama stakeholders terkait juga akan melakukan tahapan persiapan, seperti memploting personel pada Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan). Adapun titik-titik penjagaan dan pengamanan lalu lintas yakni, Pospam di pintu masuk Terminal Tipe A Mengwi, Pospam Pantai Petitenget, Posyan Terpadu di Terminal Tipe A Mengwi, Pospam Pantai Kuta.

“Kami prediksi untuk puncak arus mudik akan terjadi pada 28-30 April 2020. Sedangkan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 7-8 Mei tahun 2022. Dinas Perhubungan mengerahkan petugas operasional lapangan sebanyak 165 petugas yang dibagi dalam tiga shift setiap harinya,” kata Yuda Darma.

Tidak saja arus mudik dan arus balik yang jadi atensi, Dishub Badung juga mengawasi jalur-jalur tujuan wisata, sebab libur Lebaran diprediksi tingkat kunjungan juga meningkat. “Misalnya, kami atensi untuk di wilayah Badung Selatan, karena memiliki banyak destinasi wisata,” sebutnya.

“Kami juga melakukan ram chek gratis bagi kendaraan yang akan melakukan mudik, berkoordinasi dengan instansi/stakeholder terkait,” kata Yuda Darma. *asa

Komentar