nusabali

BAN PAUD dan PNF Bali Sosialisasikan Rencana Akreditasi

  • www.nusabali.com-ban-paud-dan-pnf-bali-sosialisasikan-rencana-akreditasi

AMLAPURA, NusaBali
BAN PAUD dan PNF (Badan Akreditasi pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Provinsi Bali menggelar sosialisasi akreditasi menyasar 34 PAUD di Karangasem.

Sosialisasi dipusatkan di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura, Selasa (19/4). Sosialisasi tentang akreditasi dihadiri pengelola 34 PAUD, 1 pengelola PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), dan 1 pengelola PKPPBS (Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren).

Anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali Ida Ayu Cintia Nuriana didampingi Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Gusti Lanang Sangkan menjelaskan, akreditasi menggunakan aplikasi Sispena 3.1. Diawali dari pemilihan Asesi (calon lembaga yang akan diakreditasi). Berkas yang diperiksa mencakup izin operasional, daftar siswa, daftar pendidik dan tenaga kependidikan, daftar sarana dan prasarana, daftar kelulusan, dan status akreditasi.

Ida Ayu Cintia menambahkan, langkah berikutnya penilaian prasyarat akreditasi (PPA). Pihak lembaga mengisi permohonan, mengisi syarat umum dan syarat khusus, mengunggah dokumen PPA, dan update data pada dapodik (data pokok pendidikan). “Jika layak diakreditasi, maka penilaiannya dilanjutkan. Kemudian validasi dan verifikasi dan menetapkan lembaga layak diakreditasi,” jelas Ida Ayu Cintia.

BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali telah menentukan Asesor yang akan bertugas. Dalam sosialisasi telah diputuskan akreditasi dilakukan secara luring (luar jaringan) dengan mendatangi langsung setiap PAUD. Kasek TK Negeri Pembina Karangasem, I Dewa Ayu Anom Pratiwi mengatakan, tahapan melakukan akreditasi masih panjang. “Rencana akreditasi dimulai pada Mei 2022,” jelas Anom Pratiwi. *k16

Komentar