nusabali

SMK Giri Pendawa Undang 26 Bendesa Adat Jadi 'Juri' Kuliner

  • www.nusabali.com-smk-giri-pendawa-undang-26-bendesa-adat-jadi-juri-kuliner

AMLAPURA, NusaBali
SMK Giri Pendawa menggelar uji kompetensi keahlian (UKK) di Banjar Bujaga, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem, Kamis (14/4).

Secara khusus, SMK Giri Pendawa mengundang 26 bendesa adat, pejabat Kecamatan Rendang, tokoh masyarakat, dan warga peduli lingkungan Desa Besakih sebagai ‘juri’ kuliner karya siswa jurusan Tata Boga. Mereka dilayani dan disuguhkan aneka hidangan karya para siswa yang ikut UKK.

Kasek SMK Giri Pendawa, I Putu Gede Arimbawa, mengungkapkan UKK melibatkan 161 siswa kelas XII. Masing-masing jurusan Tata Boga sebanyak 77 siswa dan jurusan Perhotelan sebanyak 84 siswa. UKK jurusan Tata Boga pada tanggal 11-14 April dan UKK jurusan Perhotelan pada tanggal 25-27 April. UKK jurusan Tata Boga mengundang sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat dijadikan tamu untuk dilayani di lab tata boga. Mereka dilayani sebagaimana layaknya pengunjung restoran.

Teknis UKK, para siswa mengawali menyiapkan meja dan kursi agar rapi, memasak, dan menyiapkan makanan. Selama proses menyiapkan makanan tidak boleh ada benda-benda yang berbenturan. Piring dan gelas diupayakan tidak bersentuhan sehingga tidak menimbulkan bunyi. Selanjutnya membawa makanan kepada tamu yang diundang. Setiap tahapan dinilai empat guru produktif yakni I Dewa Suarya, I Gusti Ngurah Adnyana, I Gusti Sandi, dan I Dewa Suaba. “Siswa melayani tamu undangan sebagaimana layaknya melayani wisatawan di restoran, sesuai standar industri,” jelas Putu Gede Arimbawa.

Setiap menggelar UKK selalu mengundang pejabat di Kecamatan Rendang, bendesa adat, dan tokoh masyarakat. Sehingga siswa memiliki kemampuan memberikan pelayanan kepada publik sebagaimana layaknya situasi di industri. UKK kemarin dihadiri Camat Rendang I Wayan Mastra bersama jajarannya. Siswa SMK Giri Pendawa tamat sekolah dapat dua ijazah yakni ijazah akademis dan ijazah lulus UKK. *k16

Komentar