nusabali

Bertambah, Komodo di Taman Safari

  • www.nusabali.com-bertambah-komodo-di-taman-safari

GIANYAR, NusaBali
Bali Safari Park (BSP) atau Taman Safari di Desa Lebih dan Serongga, Kecamatan Gianyar, Gianyar, kini punya tambahan koleksi satwa yakni 16 bayi Komodo.

Bayi ‘kadal raksasa’ berhabitat asli di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menetas sekitar Maret 2022.  Bayi-bayi binatang itu kini dirawat oleh tim Dokter Hewan BSP. Menurut Yohana Kusumaningtyas, dokter hewan BSP, kondisi bayi Komodo itu sehat dengan pakan dua kali dalam seminggu. Dia mengaku,  

bayi-bayi Komodo ini menetas menjadi bukti nyata pengembangbiakan BSP. Sebelumnya, BSP mendapatkan kelahiran bayi Hyena, Zebra, dan Hippo pada awal 2021.

Asisten Kurator BSP Ida Ayu Ari Janiawati mengungkapkan, pengembangbiakan Komodo ini secara alami dan menjadi yang pertama di Bali. Dia berharap anakan komodo ini dapat berkembang biak kembali.

Di BSP, Komodo merupakan salah satu satwa yang dirawat dan dikembangbiakkan untuk tujuan konservasi agar bisa mempertahankan kelestariannya di alam liar.

16 ekor bayi Komodo ini menetas dari indukan pejantan ‘Bambang’ dan betina ‘Putri’ yang awalnya milik Taman Safari Bogor. Pasangan indukan ini dibawa ke BSP, lanjut kawin dan berkembangbiak.*lsa

Komentar