nusabali

TNI-Polri Pastikan Keamanan di Pura Pengukuran-ukuran

Jelang Perayaan Tumpek Landep se-Bali

  • www.nusabali.com-tni-polri-pastikan-keamanan-di-pura-pengukuran-ukuran

GIANYAR, NusaBali
Jajaran TNI dan Polri di Gianyar berpatroli gabungan di Pura Pengukuran-ukuran, Desa Pejeng Kelod, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Selasa (5/4).

Karena Pemprov Bali akan memusatkan perayaan Tumpek Landep dengan upacara Jana Kerthi di pura setempat, Saniscara Kliwon Landep, Sabtu (9/4).   Kapolsek Tampaksiring AKP Ni Luh Suardini mengatakan patroli itu untuk memastikan keamanan kawasan pura jelang peringatan Tumpek Landep. Peringatan ini sesuai Instruksi No : 05 Tahun 2022 dari Gubernur Bali Wayan Koster tentang Perayaan Tumpek Landep dengan upacara Jana Kerthi. Dalam instruksi itu, seluruh komponen masyarakat mulai dari pemerintah, desa adat hingga krama (masyarakat) agar menjalankan perayaan Tumpek Landep sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sat Kerthi, baik secara niskala maupun sekala. Secara niskala perayaan Tumpek Landep digelar dengan upacara Jana Kerthi. Untuk tingkat Provinsi Bali akan dipusatkan di Pura Pangukur-ukuran, Saniscara Kliwon Landep, Sabtu (9/4) nanti.

AKP Suardini menyebutkan, pengamanan terkait upacara ini nanti, pihaknya memanfaatkan program Kring Polri Polres Gianyar. Program ini sebagai wujud nyata pelayanan kepolisian kepada masyarakat dalam segala hal yang menyangkut keamanan. Didampingi Waka Polsek I Ketut Suparma Yasa dan personel, Kapolsek juga menyerap informasi keamanan serta pengaduan dari masyarakat maupun prajuru adat setempat. Untuk diketahui bahwa Program Kring Polri Polres Gianyar Polsek Tampaksiring bertujuan membantu tugas Bhabinkamtibmas yang sudah melekat di desa binaannya tanpa menggangu tugas pokok fungsi masing-masing personel.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Suardini mengimbau kepada prajuru adat dan masyarakat Pejeng Kelod agar tetap menerapkan protokol kesehatan.*nvi

Komentar