nusabali

Luis Enrique Tetap Tenang

Selain Inggris, AS Hadapi Seteru Politik Global

  • www.nusabali.com-luis-enrique-tetap-tenang

DOHA, NusaBali
Pelatih Spanyol Luis Enrique tak risau satu grup dengan Jerman di Piala Dunia 2022. Mereka punya modal bagus dengan sekali kalah dalam tujuh duel terakhir lawan Der Panzer.

Spanyol tergabung di Grup E pada Piala Dunia 2022 bersama Jerman, Jepang, serta pemenang play-off Kosta Rika dan Selandia Baru. Grup E disebut-sebut sebagai group of death alias grup neraka.

Hasil itu didapat usai undian di The Doha Exhibition and Convention Center (DECC), Jumat (1/4/2022) waktu setempat atau Sabtu (2/4) dinihari Wita.

Namun langkah La Furia Roja lolos ke fase gugur jelas takkan mudah. Jerman dianggap menjadi pesaing paling berat Tim Matador di Grup E.

Enrique tahu betul kualitas yang dimiliki Jerman, namun tim asuhannya takkan gentar menghadapi Nationalelf. Spanyol tetap tampil menyerang lawan Jerman.

“Saya sangat santai. Ini laga hebat melawan Jerman, tetapi setiap pertandingan di grup akan sulit. Sudah waktunya menganalisis mereka, kami mengenal Jerman dengan sangat baik dan mereka mengenal kami dengan baik,” ujar Enrique seperti dilansir Antara.

Menurut The Athletic sebagaimana dilansir kompas.com, Grup E Piala Dunia 2022 layak disebut sebagai grup neraka. Sebab, grup tersebut dihuni oleh dua negara yang pernah merasakan gelar juara Piala Dunia yaitu Jerman dan Spanyol.

Jerman merupakan pengoleksi empat titel juara dunia yaitu pada 1954, 1974, 1990, dan 2014. Sementara itu, Spanyol adalah kampiun Piala Dunia 2010.

Di pentas Piala Dunia, Jerman punya dendam terhadap Spanyol. La Furia Roja merupakan tim yang mengalahkan Der Panzer dengan skor 1-0 pada semifinal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Persaingan di Grup E Piala Dunia 2022 bakal semakin sengit dengan keberadaan salah satu kekuatan Asia, Jepang.  Pada Piala Dunia edisi terakhir di Rusia empat tahun lalu, Tim Samurai Biru mampu lolos ke fase gugur.

Selain Jerman dan Spanyol di grup sulit, Amerika Serikat (AS) dan Iran juga satu grup yang panas di Grup B putaran final Piala Dunia Qatar 2022. Lalu juara bertahan Prancis bertemu Denmark dan Tunisia di Grup D. Sedangkan kickoff pada 21 November mempertemukan tuan rumah Qatar kontra Ekuador.

Bagi AS, undian juga mempertemukan dengan mantan penjajahnya, Inggris, dan Iran, yang jadi seteru politik global. AS pernah dikalahkan Iran 1-2 dalam Piala Dunia Prancis 1998. Grup G juga menjadi salah satu yang terberat karena dihuni juara dunia lima kali Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun.

The Athletic menyebut, laga-laga sengit berpotensi tersaji di Grup B Piala Dunia 2022 jika melihat peringkat masing-masing tim di ranking terbaru FIFA.

Timnas Inggris saat ini menempati peringkat lima FIFA, Amerika Serikat di posisi ke-15, dan Iran menghuni ranking ke-21.

Adapun, Wales yang akan menghadapi Ukraina (ranking 27 FIFA) atau Skotlandia (39) pada final play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa saat ini menempati peringkat 18 FIFA.

Pengundian dilakukan setelah didahului pertunjukan musik dan video selama 45 menit saat Presiden FIFA Gianni Infantino menjanjikan Piala Dunia kali ini ‘menjadi turnamen terbaik yang pernah ada’.

Sedangkan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani menyambut grup para tamu yang termasuk pelatih tim nasional, para pemain yang menjuarai Piala Dunia, dan ofisial sepakbola. Turnamen dimulai pada 21 November hingga 18 Desember dan pertama kali digelar di Timur Tengah. *

Komentar