nusabali

Penyelam Mulai Ramai ke Tulamben

  • www.nusabali.com-penyelam-mulai-ramai-ke-tulamben

AMLAPURA, NusaBali
Objek Wisata Tulamben di Banjar/Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan asing.

Dive master, I Komang Patra, mengungkapkan jumlah wisatawan yang datang untuk diving mendekati normal. Para penyelam memilih Desa Tulamben karena pemandangan bawah lautnya dinilai paling indah di Indonesia. Penyelam juga melihat bangkai kapal Liberty sepanjang 120 meter yang banyak dihuni ikan hias.

Menurut Komang Patra, wisatawan tidak perlu menyelam terlalu jauh, cukup 10-20 meter sudah bisa melihat bangkai kapal Liberty. Cukup menyelam sekitar 1 jam bisa mengelilingi bangkai kapal Liberty yang tenggelam tahun 1941 itu. Bangkai kapal cargo itu ditumbuhi terumbu karang. Ikan hias warna-warni sebagai daya pikat wisata menyelam. “Wisatawan bisa bermain-main dengan ikan hias sambil beri makan. Bangkai kapal Liberty telah ditumbuhi karang dan didatangi aneka ikan hias. Objek itulah yang jadi daya pikat wisatawan,” ungkap Komang Patra, Rabu (30/3).

Kapolsek Kubu, AKP I Nengah Sona, bersama anggota melakukan pemantauan di Objek Wisata Tulamben. AKP Nengah Sona mengingatkan buruh angkut tabung udara dan pramuwisata tetap menaati protokol kesehatan. Terpisah, Ketua PHRI Karangasem I Wayan Kariasa mengakui wisatawan asing mulai berdatangan ke Karangasem. “Jumlahnya belum banyak, tetapi sudah menjanjikan kunjungan kembali normal,” kata Kariasa. *k16

Komentar