nusabali

Van Dijk Kurang Nyaman, Jelang Belanda vs Jerman

  • www.nusabali.com-van-dijk-kurang-nyaman-jelang-belanda-vs-jerman

AMSTERDAM, NusaBali
Bek Virgil van Dijk mengaku kurang nyaman dengan skema tiga bek yang digunakan Timnas Belanda.

Lalu pelatih Louis van Gaal membalas dengan pernyataan yang tegas. Van Gaal menukangi Timnas Belanda, usai mengambil alih jabatan itu dari tangan Frank De Boer. Bersama De Boer, penampilan Belanda kurang mengesankan. Namun sekarang situasi berubah menjadi lebih positif di bawah asuhan Van Gaal.

Belanda lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar, sebagai juara Grup C Kualifikasi zona Eropa. Bahkan Belanda meraih hasil-hasil bagus bersama Louis van Gaal, diantaranya menghajar Turki 6-1.

Namun ada sedikit rasa tak puas dari beberapa pemain terkait pemilihan taktiknya. Salah satunya Virgil van Dijk, yang merasa kurang nyaman bermain dengan formasi tiga bek di Belakang. Van Dijk mengaku lebih suka bermain dengan formasi empat bek, seperti di Liverpool.

"Apakah saya menyukai sistemnya? Yah, saya masih mendukung 4-3-3 tetapi saya bukan pelatih nasional dan pelatih nasional memiliki pendapat yang sangat kuat tentang hal itu," ungkap Van Dijk dilansir Liverpool Echo usai Belanda menang atas Denmark, Kamis.

Komentar Virgil van Dijk membuat Louis van Gaal tidak kaget dengan pernyataannya. Bahkan Van Gaal mengatakan semua keputusan soal taktik tak di tangan pemain tapi di tangannya (manajer).

"Saya tahu dia memiliki preferensi itu. Dia selalu mengatakan di depan umum. Kami sudah melakukan perdebatan ini ketika saya datang ke sini. Manajer yang memutuskan taktik," tegas Van Dijk.

Belanda meraih hasil-hasil bagus bersama Louis van Gaal, diantaranya saat menghajar Turki 6-1. Namun ada sedikit rasa tak puas dari beberapa pihak terkait pemilihan taktiknya.

Belanda tak terkalahkan dalam delapan laga terakhirnya (M6 S2 K0), sedangkan Jerman selalu menang dalam delapan laga terakhir. Namun duel di Amsterdam diprediksi akan berlangsung ketat. *

Komentar