nusabali

Bupati Tamba Pimpin Bhakti Pengayar ke Pura Ulun Danu Batur

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-pimpin-bhakti-pengayar-ke-pura-ulun-danu-batur

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana melaksanakan bhakti penganyar serangkaian Pujawali Ngusaba Kadasa di Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, pada Radite Paing Sinta, Minggu (27/3).

Bhakti penganyar ini dipimpin langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Bupati hadir berama istinya Gusti Ayu Ketut Candrawati atau dikenal dengan nama Candrawati Tamba. Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Jembrana I Made Budiasa, para asisten Setda dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana.

Ditemui usai persembahyangan, Bupati Tamba mengatakan, pelaksanaan bhakti penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan terhadap Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur, sekaligus memohon keselamatan dan kesejahteraan bersama.

"Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur agar beliau menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya. Baik itu di Jembrana maupun Bali pada umumnya. Semoga dengan dilaksanakan karya ini, gering agung pandemi Covid-19 segera berakhir dan perekonomian Bali bisa berangsur pulih kembali," ucap asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Bupati Tamba mengatakan, jika dibandingkan karya sebelumnya, pamedek yang hadir untuk ngaturang bhakti pada Pujawali kali ini jauh lebih banyak. Baginya, hal ini menandakan betapa kerinduan masyarakat untuk bisa hadir langsung ngaturang bhakti ke hadapan Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur ini.

"Astungkara, seluruh rangkaian Pujawali Ngusaba Kadasa di Pura Ulun Danu Batur sampai nanti Ida Bhatara-Bhatari mesineb   dapat berlangsung dengan lancar dan labda karya. Untuk masyarakat ngiring hadir ngaturang sembah bhakti. Namun begitu tetap mematuhi prokes (protokol kesehatan)," ujar Bupati Tamba yang usai persembahyangan kemarin, turut menyerahkan punia yang diterima secara langsung oleh Jero Penyarikan Duuran Batur.

Sementara Jero Penyarikan Duuran Batur mewakili pangemong Pura Ulun Danu Batur, berterima kasih kepada Pemkab Jembrana yang sudah melaksanakan bakti penganyar serangkaian Pujawali Ngusaba Kadasa ini. Menurutnya, rentetan karya Pujawali Ngusaba Kadasa kali ini, sudah dimulai sejak Rabu (2/3) sampai katuran bhakti ngeluhur atau masineb pada Anggara Wage Sinta, Selasa (29/3) nanti.

Untuk puncak karya pujawali sendiri, sudah dilaksanakan bertepatan rahina Purnama Kadasa pada Wraspati Paing Dukut, Kamis (17/3) lalu. *ode

Komentar