nusabali

Kemenparekraf Kunjungi Nusa Lembongan

  • www.nusabali.com-kemenparekraf-kunjungi-nusa-lembongan

SEMARAPURA, NusaBali
Rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengunjungi pengembangan daya tarik wisata di Kecamatan Nusa Penida, khususnya di Nusa Lembongan, Klungkung, Sabtu (26/3) sore.

Kunjungan yang dipimpin Direktur Pengembangan Destinasi II Wawan Gunawan ini, didampingi langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Peninjauan daya tarik wisata di Nusa Penida itu, di antaranya melihat proses panen rumput laut, menyusuri kawasan manggrove di Desa Jungutbatu (Nusa Lembongan) dan penataan Devil Tears di Desa Lembongan. Saat kunjungan di Devil Tears, rombongan disuguhi pementasan Tari Kecak, sebagai bentuk penyambutan dan ucapan selamat datang di Desa/Nusa Lembongan.

Dalam pementasan itu, Sanggar Ratu Kinasih mengkolaborasikan Tari Kecak, Janger dan lainnya. Pementasan seni juga menjadi atraksi, keunikan, dan daya tarik wisata, guna memberikan aura positif untuk pengunjung di Nusa Lembongan. Acara tersebut disaksikan oleh para wisatawan dan masyarakat sekitar sembari menikmanti pemandangan sunset di Devil Tears.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pementasan seni ini merupakan pementasan perdana untuk memulai kehidupan baru. “Terimakasih kepada Kemenparekraf karena sudah membantu penataan di beberapa destinasi wisata di Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan, destinasi Devil Tears akan menjadi destinasi unggulan di Nusa Penida. Penataan pada destinasi ini akan berlanjut dan kedepannya akan ditambahkan beberapa pertunjukan. Dia mengharapkan penataan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Nusa Penida, dengan hasil lebih positif.

“Apabila semua objek wisata dapat ditata dengan baik melalui dukungan dari Kemenparekraf, maka wisatawan akan betah berlama-lama pada destinasi wisata tersebut,” ujar Bupati Suwirta.

Ketua Rombongan Direktur Pengembangan Destinasi II Wawan Gunawan menyampaikan jajaran Kemenparekraf ke Nusa Penida, untuk meningkatkan kualitas destinasi wisata khususnya pembangunan 3A (atraksi, aksesibiltas dan amenitas/fasilitas di luar akomodasi). Dengan 3A ini diharap dapat mendorong lama tinggal wisatawan di destinasi. Kunjungan ini juga sebagai tindak lanjut kunjungan Bupati Klungkung ke Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat (4/2) lalu.

Wawan Gunawan mengapresiasi adat istiadat yang masih dijaga oleh warga setempat. “Kemenparekraf siap mendukung destinasi pariwisata di Kabupaten Klungkung,” imbuhnya.

Turut mendampingi Bupati Suwirta dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Anak Agung Gede Putra Wedana, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra, dan instansi terkait. *wan

Komentar