nusabali

Patroli Prokes Jaring dan Bina Warga Bandel

  • www.nusabali.com-patroli-prokes-jaring-dan-bina-warga-bandel

TABANAN, NusaBali
Satpol PP dan Linmas Pemkab Tabanan didukung TNI-Polr melakukan patroli penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) secara maraton.

Sasarannya adalah  keramaian di pasar umum, pasar senggol dan fasilitas umum lainnya.  Seperti Minggu (13/3),  tim aparat gabungan ini patroli melakukan penertiban di Pasar Kediri dan Pasar Pandak  Gede di Kecamatan Kediri. Patroli ini menyusul patroli yang dilakukan di Pasar Senggol  dan GOR Dewara, Tabanan, Sabtu (12/3) malam.


Dari  kedua kegiatan penertiban prokes tersebut, sebanyak 9 orang dijaring karena  lalai tidak menggunakan masker. Lima orang dijaring pada patroli Sabtu (12/3) pukul 21.00 Wita, sedangkan empat orang lainnya dijarig saat patroli penertiban Minggu (13/3). “Langsung   dilakukan pembinaan, agar disiplin menerapkan prokes,” ujar Kasatpol PP  dan Linmas  Pemkab Tabanan I Gede Sukanada.

Kelalaian  itu  merupakan pelanggaran terhadap  Inmendagri Nomor 12 Tahun 2022  tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, SE Gubernur Bali Nomor 192/Satgas Covid-19/II/2022 dan SE Bupati Tabanan Nomor 517/2/Satgas/2022.

Dijelaskan petugas hanya melakukan pembinaan di tempat, tidak sampai penjatuhan  sanksi  berupa  penghentian layanan administrasi  maupun sanksi denda.”Dibina langsung agar taat prokes,” ujarnya.

Sebelumnya tim aparat gabungan juga melakukan patroli penertiban di Pasar Belayu dan Pasar Marga, Kecamatan Marga pada Sabtu (12/3) pukul 09.00 Wita. Dalam patroli tersebut, empat orang juga dijaring karena  tidak memakai masker.  Petugas langsung memberikan pembinaan agar yang bersangkutan patuh mengikuti aturan tentang prokes,.

Pemantauan dan patroli penerapan prokes, kata Gede Sukanada, akan menyesuaikan dengan perkembangan dan situasi di lapangan. Untuk itu, dia meminta kerjasama pihak saling bergandengan tangan agar situasi  semakin membaik.  "Dan kita optimis semua agar situasi normal kembali," tuntas I Gede Sukanada. *k17

Komentar