nusabali

Ngembak Gni, Warga Sucikan Diri ke Pantai

  • www.nusabali.com-ngembak-gni-warga-sucikan-diri-ke-pantai

NEGARA, NusaBali
Berakhirnya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 atau memasuki Ngembak Gni pada Sukra Wage Wayang, Jumat (4/3) pagi, kembali dirayakan sejumlah warga di Kabupaten Jembrana dengan mengunjungi segara (pantai).

Di samping untuk refreshing, tidak sedikit warga yang sengaja mengunjungi pantai untuk menyucikan diri di awal tahun baru Saka ini.  Pantai yang ramai dikunjungi warga saat Ngembak Gni kemarin, merupakan pantai yang juga menjadi tempat melasti, semisal, Pantai Delod Berawah di Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Pantai Yeh Kuning di Desa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana, Pantai Baluk Rening di Desa Baluk, Kecamatan Negara, dan sejumlah pantai lainnya.

Para pengunjung itu didominasi teruna-teruni termasuk beberapa rombongan keluarga yang mengajak anak-anak. Beberapa pengunjung itu ada yang memilih nongkrong dengan hanya duduk-duduk berkumpul di tepi pantai. Namun ada pula yang sekalian menyucikan diri dengan membasuh muka hingga mandi di pantai.

Keramaian pengunjung di sejumlah pantai itu menjadi atensi pihak kepolisian. Seperti dilaksanakan personel Polsek Negara yang sempat berpatroli ke Pantai Baluk Rening. Patroli yang dipimpin perwira pengawas (Pawas) Iptu I Nyoman Wirawan bersama perwira pengendali (Padal) Aipda I Komang Gede Astika Wibawa, sempat mengecek pengaturan parkir hingga mengingatkan pengunjung untuk mentaati protokol kesehatan (prokes), terutama menyangkut penggunaan masker.

Iptu I Nyoman Wirawan mengatakan, dari hasil pemantauan di Pantai Baluk Rening, sebagian besar warga tampak sudah mentaati prokes dengan memakai masker. Begitu juga sejumlah warung di sekitar pantai sengaja diatur jaraknya sehingga tidak memicu kerumunan. “Kepada pengunjung tetap kita ingatkan agar mengikuti protokol kesehatan. Dan bagi pengunjung yang sedang makan ataupun minum di tepi pantai, juga kita imbau agar menjaga jarak. Secara umum, sudah berjalan baik. Situasi aman terkendali,” ucap Iptu Wirawan. *ode

Komentar