nusabali

Pecah Rekor, Pasien Sembuh Covid-19 Capai 801 Orang

  • www.nusabali.com-pecah-rekor-pasien-sembuh-covid-19-capai-801-orang

DENPASAR, NusaBali
Untuk pertama kalinya, pasien sembuh dari Covid-19 di Kota Denpasar pecah rekor. Dalam sehari, Jumat (18/2) pasien sembuh di Kota Denpasar mencapai 801 orang.

Jumlah tersebut paling tinggi selama masa Pandemi Covid-19. Sementara kasus positif bertambah sebanyak 319 orang dan kasus meninggal dunia bertambah 1 orang.

“Ini tentu saja menggembirakan, mudah-mudahan tren pasien sembuh makin baik dan kasus positif makin melandai penambahannya,” ujar Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Jumat (18/2). Menurutnya secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar hingga, Jumat kemarin tercatat 48.518 kasus, pasien sembuh 42.097 orang  (86,77 persen), meninggal dunia 1.031 orang (2,12 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 5.390 orang (11,11 persen). Walau pasien sembuh makin banyak, namun Dewa Rai mengatakan kasus di Denpasar masih naik setiap harinya dan masih tergolong tinggi.

Dari data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar mereka yang terkonfirmasi positif berasal dari berbagai kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, anak anak, ASN (dosen, guru), dan tenaga kesehatan (Nakes) dengan rentang usia dari 2 tahun sampai 75 tahun. Mereka yang positif jalani perawatan di RS bagi yang mengalami gejala sedang hingga berat, tempat isolasi terpusat (Isoter) dan isolasi mandiri (Isoman) bagi orang tanpa gejala (OTG).

"Dengan terus meningkatnya kasus ini kami melakukan langkah taktis dengan dihentikan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sementara, fasilitas publik ditutup sementara. Menggencarkan 3T, menyiapkan tempat isoter, menyiapkan RS rujukan dengan menambah bed, meningkatkan cakupan vaksinasi (booster), mengaktifkan lagi satgas dari tingkat banjar, desa/kelurahan dan desa adat serta menggencarkan tindakan yustisi terkait disiplin prokes," ungkap Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar ini.

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 5M," tandas Dewa Rai. *mis

Komentar