nusabali

Uji Coba Dermaga Gunaksa Pakai Genset

  • www.nusabali.com-uji-coba-dermaga-gunaksa-pakai-genset

Pemkab Klungkung tidak sabar untuk melakukan uji coba Dermaga Gunaksa di pesisir selatan eks lokasi galian C di kawasan Gunaksa, Kecamatan Dawan. 

Sambungan Listrik Belum Tersedia

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, cek kondisi fisik Dermaga Gunaksa.

SEMARAPURA, NusaBali
Untuk persiapan tersebut, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Klungkung menyiapkan genset untuk memasok kebutuhan listrik guna uji coba operasional dermaga. Kebutuhan listrik tersebut, selain untuk penerangan juga untuk peralatan-peralatan dan perlengkapan uji coba, di antaranya mobile bridge (MB) jembatan yang menghubungkan dermaga dengan kapal.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Kadishubkominfo) Klungkung, I Nengah Sukasta, menjelaskan rencana persiapan uji coba Dermaga Gunaksa, Rabu (9/12). Uji coba itu menyusul rampungnya pembangunan dermaga. Sedang yang belum ada bangunan sarana dan prasarana, di antaranya gedung serta pendukung lainnya. Termasuk akses jalan menuju dermaga. Meski demikian, uji coba sudah bisa dilakukan, karena bangunan pokok yakni dermaga sudah selesai. “Tadi (kemarin) pemasangan mobile bridge,” ujar Sukasta, usai mendampingi Bupati I Nyoman Suwirta, meninjau  Dermaga Gunaksa, Rabu kemarin.

Dari penjelasan Sukasta itulah terungkap pemanfaatan genset untuk memasok kebutuhan listrik, dalam rangka uji coba dermaga. “Kita gunakan genset,” tandas Sukasta. Namun berapa kapasitas genset tersebut, Sukasta menyatakan kurang paham. Meski demikian, dipastikan pasokan listrik dari genset tersebut memadai kebutuhan listrik pada saat uji coba Dermaga Gunaksa. Sedang untuk pasokan listrik permanen, pemkab baru menganggarkan tahun 2016. Nilainya Rp 500 juta. Jumlah tersebut termasuk  untuk pembangunan ruang tunggu Rp 100 juta.  

Sementara dalam pantauan Rabu (9/12), Bupati Suwirta, mengecek kondisi fisik Dermaga Gunaksa. Didampingi Nengah Sukasta dan Kabag Humas Protokol Pemkab Klungkung I Wayan Parna, Bupati Suwirta mengamati dengan seksama detail dermaga, mulai kolam dermaga, dinding dermaga, sampai proses pemasangan mobile bridge. Bupati Suwirta tak banyak memberi komentar soal proses pembangunan dermaga. “Kita berharap semua berjalan sesuai rencana, sehingga dermaga ini bisa cepat dioperasionalkan,”  ujarnya. 

Untuk diketahui, Dermaga Gunaksa merupakan dermaga rintisan pasangan Dermaga Nusa Penida yang sudah dibangun sebelumnya. Jika Dermaga Gunaksa rampung dan beroperasi, Kapal Roro Nusa Jaya Abadi (NJA) tak perlu lagi merapat ke Dermaga Padangbai, Manggis (Karangasem), baik untuk angkut dan bongkar muatan. Kapal Roro NJA langsung dari Dermaga Nusa Penida ke Dermaga Gunaksa. Selama ini layanan penyeberangan RoroNJA menuju Nusa Penida dan sebaliknya dilakukan dari Dermaga Padangbai. Inilah yang membuat layanan penyeberangan Roro NJA tak maksimal. Misalnya untuk tambahan penyeberangan (extra trip) tidak bisa dilakukan, karena lalu lintas kapal di Dermaga Padangbai, padat, karena melayani penyeberangan antar-provinsi, Bali–Lombok (NTB). 7 

Komentar