nusabali

Zona Merah Rabies, 585 HPR di Ekasari Disuntik VAR

  • www.nusabali.com-zona-merah-rabies-585-hpr-di-ekasari-disuntik-var

NEGARA, NusaBali
Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan-Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan (Tanpangan) Jembrana melaksanakan vaksinasi antirabies ke desa yang masuk zona merah rabies.

Salah satunya di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana. Selama tiga hari melaksanakan vaksinasi serentak di desa setempat, ada sebanyak 585 ekor hewan penular rabies (HPR) yang disuntik vaksin antirabies (VAR).

Vaksinasi rabies serentak dengan menyasar 10 banjar se-Desa Ekasari itu dilaksanakan pada Jumat (11/2), Senin (14/2), dan Selasa (15/2). Dalam pelaksanaan hari pertama pada Jumat lalu, ada 249 ekor HPR yang divaksin. Kemudian berlanjut pada Senin (14/2), berhasil divaksin sebanyak 192 ekor HPR. Sementara dalam hari terakhir, Selasa kemarin, ada 147 ekor HPR yang divaksin. Dalam vaksinasi rabies serentak itu, selain mendatangi rumah-rumah untuk memvaksinasi anjing peliharaan warga, juga dilakukan vaksinasi terhadap sejumlah anjing liar di desa setempat.

Kepala Bidang Keswan-Kesmavet pada Dinas Tanpangan Jembrana drh I Wayan Widarsa, Selasa kemarin, mengatakan kegiatan vaksinasi rabies serentak di Desa Ekasari itu, dilakukan menyusul adanya temuan 2 kasus anjing rabies di desa setempat beberapa waktu lalu. Saat awal kemunculan kasus anjing rabies itu, sebelumnya petugas juga sudah melakukan vaksinasi emergency.

Namun untuk memaksimalkan antisipasi penyebaran rabies, diputuskanlah melaksanakan vaksinasi rabies serentak di desa tersebut. “Kebetulan di sana juga banyak anjing yang belum divaksinasi. Jadi kami laksanakan vaksinasi serentak. Kami datangi rumah-rumah warga sekalian melaksanakan KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) tentang pencegahan rabies,” ujar Widarsa.

Sejak Januari hingga pertengahan Februari 2022, kata Widarsa, sudah ada 18 kasus anjing rabies di Jembrana. Termasuk di antaranya ada 2 kasus teranyar yang ditemukan di Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, dan Desa Blimbingsari, Kecamatan Melaya. Untuk menindaklanjuti temuan kasus rabies teranyar itu, juga dijadwalkan vaksinasi serentak di kedua wilayah desa/kelurahan tersebut.

Khusus vaksinasi serentak di wilayah Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, akan dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (16/2) hari ini dan Kamis (17/2) besok. Sementara di wilayah Desa Blimbingsari, Kecamatan Melaya, dijadwalkan pada Senin (21/2) mendatang. “Besok (hari ini) kami jadwalkan turun ke Tegal Cangkring, di Lingkungan Bilukpoh Kangin dan Lingkungan Bilukpoh Kauh. Kemudian hari Kamis (besok), masih di Tegal Cangkring, kita turun ke Lingkungan Petapan Persidi. Sedangan di Blimbingsari kita jadwalkan hari Senin pekan depan,” ucap Widarsa. *ode

Komentar