nusabali

Tim Voli Porprov Boleh Daftarkan Dua Libero

  • www.nusabali.com-tim-voli-porprov-boleh-daftarkan-dua-libero

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Bali memperbolehkan satu tim mendaftarkan dua libero dalam Porprov Bali XV 2022.

Namun dengan catatan, tim tetap berjumlah maksimal 14 pemain. "Kami mengingatkan Pengkab dan Pengkot PBVSI di Bali, mengirimkan dua nama libero masih diperkenankan pada Porprov nanti, dengan catatan jika satu tim dihuni 14 pemain," kata Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali, I Nyoman Sukanada, Senin (14/2).

Sedangkan tim yang jumlahnya 12 pemain, kata Sukanada, hanya diperbolehkan memasukkan satu libero. Menurutnya, libero itu sesuai kebutuhan tim, makanya kami ingatkan sejak awal. Meskipun ada dua libero pada saat bertanding yang boleh diturunkan tetap satu libero saja.

“Hal ini sudah jadi regulasi yang harus kita pahami dan laksanakan bersama," kata Sukanada, yang membawa tim voli Tirta Dewata Bali ke level nasional.

Sukanada mengatakan, selama ini biasanya daerah enggan mencoret pemainnya karena sudah lama mengikuti persiapan Porprov. Jadi mereka pilih memanfaatkan kuota maksimal 14 pemain. Apalagi terkadang juga kasihan dan perasaan lama latihan, ada juga karena murni pembinaan ajang pemantapan mental.

“Jadi ada adik-adik usianya masih muda tetap diikutkan dalam Porprov selanjutnya," tutur Sukanada.  Sementara itu dalam permainan bola voli posisi pemain yang bertugas sebagai penahan serangan lawan dan blok adalah libero atau defender. Libero pemain spesialis pertahanan yang mengenakan jersey warna berbeda dibandingkan rekan satu timnya.

Karena itu, libero dapat keluar masuk lapangan tanpa menggunakan langkah pergantian pemain, dan kerap mengisi posisi sebagai blocker di bagian tengah, namun tidak boleh men-smash bola ke seberang net.

“Jadi pemain libero memliki tugas mengatur dan mengendalikan lini pertahanan. Libero juga memiliki tugas mengejar bola pertama yang mengarah ke area permainannya,”kata Sukanad. *dek

Komentar