nusabali

Hari ini, Dana Kreativitas untuk ST dan Yowana Cair

  • www.nusabali.com-hari-ini-dana-kreativitas-untuk-st-dan-yowana-cair

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung memastikan akan mencairkan dana bantuan kreativitas untuk sekaa teruna (ST) dan yowana, pada Jumat (11/2) hari ini.

Masing-masing akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta. Secara simbolis bantuan akan diserahkan secara langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Meski Gubernur Bali Wayan Koster telah melarang pawai ogoh-ogoh dan kegiatan yang menimbulkan kerumunan, namun pemerintah menegaskan dana tersebut dapat digunakan untuk kreativitas yang berkaitan dengan seni budaya Bali. Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Badung I Gde Eka Sudarwitha, mengatakan sesuai proposal yang masuk ada sebanyak 584 sekee teruna dan yowana yang akan menerima bantuan hibah dengan nominal masing-masing sebesar Rp 10 juta.

“Sesuai jadwal besok (hari ini) akan diberikan kepada 541 sekee teruna dan Yowana. Sedangkan sisanya akan dicairkan pada 18 Februari 2022,” ujar Sudarwitha, Kamis (10/2).

Total Pemkab Badung menyiapkan anggaran sebesar Rp 5,84 miliar untuk bantuan dana kreativitas tersebut. Dana tersebut bersumber dari APBD Badung tahun 2022.

Sudarwitha mengatakan, karena dalam situasi PPKM Level 3, masing-masing sekaa teruna maupun yowana hanya diwakilkan satu orang saja saat menerima dana hibah tersebut. “Surat undangan penyerahaan dana bantuan kreatifitas Sekaa Teruna dan Yowana telah kami sebar. Diharapkan hadir hanya satu orang dari perwakilan sekaa teruna dan yowana, boleh ketua atau yang mewakili. Intinya kita harus batasi,” jelas Sudarwitha.

Masih menurut mantan Camat Petang itu, sekee teruna dan yowana akan diberikan bantuan untuk menunjang kreativitas dalam hal adat dan budaya. Dana bantuan hibah ini dapat digunakan untuk membuat ogoh-ogoh atau pun menyelenggarakan kreativitas seni budaya Bali seperti Dresta Lango antara lain pementasan tari sakral, tari kolaborasi, pembacaan lontar, pembacaan awig-awig dan perarem, serta kegiatan Loka Dresta seperti Siat Yeh di Jimbaran, Siat Tipat dan lainnya.

“Untuk mendapatkan bantuan ini ada sujumlah persyaratan. Antara lain mengajukan surat permohonan bantuan hibah yang ditujukan kepada bupati. Proposal berisi kegiatan seni budaya yang akan dibuat dengan sejumlah dokumen yang harus dilengkapi,” kata Sudarwitha. *ind

Komentar