nusabali

Bupati Suwirta Tinjau Rumah Tertimpa Pohon Kelapa

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tinjau-rumah-tertimpa-pohon-kelapa

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau rumah milik I Wayan Rupa, yang hancur akibat tertimpa pohon kelapa tumbang di Banjar Nyamping, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Sabtu (5/2) sore.

Pohon ini tumbang  karena angin kencang pada pukul 10.30 Wita,  Jumat (4/2) lalu. Saat kejadian Wayan Rupa bersama keluarga berada di luar rumah, sehingga tidak ada korban jiwa. Namun atap rumahnya mengalami rusak cukup parah. Bupati menyerahkan bantuan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga tersebut.

Melihat secara langsung kejadian di lapangan, Bupati Suwirta mengaku sangat prihatin atas musibah yang dialami warganya. Bupati mengetahui, banyak kejadian pohon tumbang di Desa Gunaksa maupun Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, tidak terlepas dari kebanyakan KK miskin yang rumahnya dikelilingi pohon kelapa. Karena mereka nyakap tanah kebun kelapa tersebut. "Ini sudah saya lihat saat melakukan bedah desa dulu," ujar Bupati Suwirta.

Dengan kejadian itu, Bupati Suwirta meminta para pemilik lahan agar nantinya merelakan pohon-pohon kelapa di sekitar rumah tersebut ditebang, jika masih tanah itu masih disakapkan ke pihak lain. Di satu sisi, bupati juga sudah berkomunikasi dengan Gubernur Bali Wayan Koster secara lisan untuk mengelompokkan masyarakat yang nyakap tanah itu, terkait dengan pemanfaatan tanah provinsi untuk menempatkan mereka sebagai Kelompok Usaha Bersama (Kube).

"Maka langkah kedepan, kami akan membuat perencanaan dulu. Mudah-mudahan usulan ini bisa dipenuhi oleh Bapak Gubernur Bali," harap Bupati Suwirta.

Seperti diketahui akibat angin kencang, sebuah pohon kelapa tumbang hingga menimpa kamar dan dapur di rumah I Wayan Rupa, Banjar Nyamping, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (4/2). Tidak ada korban dalam musibah ini karena kondisi kamar maupun dapur lagi sepi. Rumah tersebut berada di tegalan yang banyak dikelilingi pohon kelapa.*wan

Komentar