nusabali

Cara Memilih Wearpack Keren

  • www.nusabali.com-cara-memilih-wearpack-keren

JAKARTA, NusaBali.com - Baju safety atau yang biasa disebut dengan wearpack merupakan pakaian yang wajib digunakan pada beberapa area pekerjaan. Kecelakaan ketika bekerja sangat sulit dicegah.

Penyebab utamanya adalah minimnya kesadaran pekerja untuk mematuhi prosedur yang berlaku di tempat kerja serta beberapa peralatan yang belum memenuhi standar keselamatan kerja. Wearpack keren sangat dibutuhkan oleh karyawan karena termasuk Alat Pelindung Diri (APD). Baju keselamatan atau safety wear lebih dikenal oleh banyak orang sebagai wearpack. 

Pengertian Wearpack 

Baju keselamatan kerja atau pakaian safety atau safety wear yang lebih dikenal masyarakat sebagai wearpack bisa didefinisikan sebagai salah satu jenis pakaian yang biasa digunakan pada beberapa bidang pekerjaan tertentu dengan tujuan supaya penggunanya terlindungi dengan baik dari kemungkinan cedera ringan sampai dengan berat. 

Khusus untuk pekerja yang setiap harinya berada pada lingkungan kerja yang memiliki resiko kecelakaan tinggi dan membutuhkan pengamanan khusus seperti mekanik kapal, pekerja tambang, mekanik bengkel, pemadam kebakaran ataupun pekerja outdoor maka keberadaan wearpack menjadi sesuatu yang wajib. 

Selain digunakan untuk melindungi bagian tubuh penggunanya mulai dari leher sampai dengan kaki, komponen keselamatan kerja ini biasanya juga digunakan untuk menunjukkan identitas perusahaan serta divisi kerja penggunanya. Jadi hanya dengan melihat seragam kerjanya dapat langsung ditebak apa jabatan orang yang mengenakannya. 

Peranan Wearpack 

1. Peranan Utama Wearpack 

Peranan wearpack dari tempat jual wearpack biasanya digunakan untuk melindungi badan dari hal yang dapat membahayakan atau menyebabkan kecelakaan ketika bekerja. Tingkat perlindungan yang diberikan juga sangat beragam sesuai dengan kepentingan. 

2. Peranan Tambahan 

Selain berfungsi sebagai alat pelindung, baju keselamatan kerja juga punya kegunaan lain yaitu sebagai identitas. Kegunaan identitas bertujuan untuk menyeragamkan pekerja serta menunjukkan identitas jabatan misalnya baju safety dengan warna yang berbeda antara pekerja las dengan pekerja elektrik. Dengan adanya identitas ini, maka divisi pekerjaan seseorang akan dibedakan. Agar lebih mudah lagi, baju kerja biasanya diberikan penambahan bordir seperti logo perusahaan atau bordir tulisan pada bagian-bagian tertentu hingga bisa memperlihatkan identitas perusahaan dan divisi pekerjaan. 

Tips Memilih Baju Wearpack 

Setelah menentukan bagaimana jenis dan bahan wearpack terbaik untuk pekerjaan anda, jangan lupa memperhatikan beberapa hal penting untuk kenyamanan anda dalam bekerja ketika anda menggunakan wearpack. Apa saja? 

1. Mempertimbangkan Kenyamanan dan Penampilan 

Tips pertama untuk memilih baju wearpack adalah dengan memperhatikan penampilan serta kenyamanan ketika digunakan. Anda harus memastikan bahwa desain baju yang akan digunakan sesuai dengan ketentuan pekerjaan. Pasalnya, untuk memilih desain baju yang tepat tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan dan tanpa perhitungan yang matang. Oleh karena itu, pekerjaan yang digeluti juga menjadi pertimbangan penting yang wajib diperhatikan, seperti montir yang tidak cocok menggunakan seragam untuk profesi lain. 

2. Memilih Bahan yang Berkualitas 

Selanjutnya, anda juga perlu mempertimbangkan bahan wearpack kerja  yang berkualitas. Tidak hanya melihat dari segi penampilan dan kenyamanan, bahan juga harus diperhatikan dengan baik. Sekalipun seragam kerja tersebut memiliki desain yang menarik namun jika bahan yang digunakan tidak tepat maka tidak akan memberikan kenyamanan ketika bekerja. Adapun bahan yang tepat untuk digunakan sebagai pembuatan seragam adalah bahan yang bisa menyerap keringat seperti kaos, nilon, katun ataupun polyester. 

Kriteria Penggunaan Wearpack 


3. Memilih Warna yang Tepat 

Sekalipun kesannya sepele, namun dalam pemilihan warna ternyata memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pastikan anda memilih uniform dengan warna yang tepat. Anda dapat mempertimbangkan warna yang dapat memberikan semangat dalam bekerja atau yang sesuai dengan branding dari perusahaan. Selain itu, anda bisa mempertimbangkan warna yang bisa meminimalisir noda seperti biru tua, hitam dan coklat khususnya untuk pekerjaan pabrik atau mekanik. Selain itu, jangan lupa menambahkan logo perusahaan. 

4. Menyesuaikan Ukuran 

Kalau bahan yang dipilih berkualitas dan bagus maka selanjutnya terkait dengan ukuran j juga harus disesuaikan dengan setiap orang. Anda dapat menanyakan lebih dulu ukuran setiap karyawan kemudian bisa dibuat list ukuran yang lebih tertata dan rapi. Kalau wearpack sudah sesuai dengan ukuran dari setiap karyawan maka karyawan tersebut tidak usah melakukan permak ulang atas seragamnya. Setiap perusahaan bisa menawarkan ukuran S, M, L, XL atau XXL. Tetapi supaya lebih akurat, anda dapat meminta contoh dari pihak konveksi terkait dengan ukuran tersebut supaya bisa menjadi acuan. Ukuran baju dari konveksi kadang tidaklah sama. 

5. Punya Manfaat 

Untuk membuat seragam kerja maka harus memiliki konsep serta makna pada seragamnya. Jadi ini tidak dibuat dengan serta merta saja. Seragam kerja juga harus disesuaikan dengan tempat dimana anda bekerja dengan mempertimbangkan fungsi dari seragam tersebut. Misalnya seragam yang digunakan di bank jadi seragamnya harus benar-benar elegan dan nyaman untuk digunakan pada tempat tertutup dan ber-AC. Seragam kerja dibuat berdasarkan image perusahaan karena seragam tersebut dan menjadi simbol perusahaan.   

FAQ 

Kenapa harus menggunakan wearpack? 
-Sebagai pelindung tubuh dari hal-hal yang membahayakan ketika bekerja. Mengurangi resiko luka ketika terjadi kecelakaan kerja. Sebagai identitas pekerja. Baik dengan warna, logo atau tulisan pada wearpack untuk membedakan kelompok pekerja dengan jenis pekerjaan atau jabatan tertentu. 

Apa saja fungsi coverall? 
-Selain melindungi diri dari berbagai bahaya, safety coverall juga dibutuhkan untuk menjaga kebersihan pakaian dari noda atau kotoran. Bagi mekanik dan pekerja industri lain yang setiap harinya bekerja di area minyak dan produk lain yang berbasis minyak maka bisa saja terkena cipratan yang bisa meninggalkan noda yang membandel.  

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO untuk bisnis anda.

Komentar