nusabali

Tumpek Uye, Tabanan Lepas Ribuan Benih Ikan dan Satwa di Danau Beratan

  • www.nusabali.com-tumpek-uye-tabanan-lepas-ribuan-benih-ikan-dan-satwa-di-danau-beratan

TABANAN, NusaBali
Bertepatan dengan Tumpek Uye pada Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (29/1) hari ini, Pemerintah Kabupaten Tabanan akan melepas ribuan benih ikan dan satwa di Danau Beratan kawasan Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti.

Pelepasan akan dipimpin Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya. Ribuan ikan dilepas di Danau Beratan sesuai dengan tema Tumpek Uye yakni Danu Kerthi.

Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan Wayan Sugatra mengatakan, ikan yang dilepas adalah jenis nila dengan jumlah 10.000 ekor. Sementara satwa yang dilepas adalah jenis burung Tekukur dan burung Crukcuk. “Besok (hari ini) yang memimpin adalah Pak Bupati, koordinator Pak Sekda,” kata Sugatra, Jumat (28/1).

Menurutnya selain melepas ikan dan satwa untuk memperingati Tumpek Uye, Pemkab Tabanan juga menggelar giat resik sampah di seputaran Danau Beratan. Resik sampah ini melibatkan OPD di Pemkab Tabanan. “Jadi acara besok (hari ini) dari pukul 09.00 sampai siang,” imbuh mantan Kepala BKPSDM Tabanan ini.

Dia menambahkan untuk memperingati Tumpek Uye selain kegiatan dipusatkan di Danau Beratan, Pemkab Tabanan juga melaksanakan kegiatan upacara Pengaci di 57 Pura Penyiwian subak di Tabanan. Kegiatan tersebut berlangsung Kamis (27/1). “Tujuan upacara pengaci diharapkan mendapatkan kerahayuan, terlebih lagi agar seluruh panen di Tabanan mendapatkan hasil melimpah,” tandas Sugatra. *des

Komentar