nusabali

Sidak Prokes, Satpol PP Langsung Ganti Masker Usang

  • www.nusabali.com-sidak-prokes-satpol-pp-langsung-ganti-masker-usang

GIANYAR, NusaBali
Satpol PP Gianyar kembali menggelar sidak bidang ketaatan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Sidak disi dengan penggantian masker warga yang sudah usang.

Kepala Satpol PP Gianyar Made Watha mengatakan sidak juga diisi sosialisasi prokes, Minggu (26/12), dilakukan di tempat-tempat keramaian. Mulai dari pasar tradisional hingga Alun-alun Gianyar.

Watha mengaku tidak menemukan pelanggaran berarti. Di pasar tradisional, tampak para pedagang sudah terbiasa memakai masker. Hanya saja, ada dari sejumlah pedagang yang menggunakan masker usang. Melihat hal tersebut, Watha pun langsung memberikan masker baru kepada pedagang bermasker usang. "Tadi saat di Pasar Bitera, kami menemukan ada empat pedagang yang maskernya sudah usang. untuk itu langsung kita ganti dengan masker baru dan ada dua pengunjung/pembeli yang memakai masker salah dan sudah langsung kita tegur untuk tidak mengulangi lagi," jelasnya.

Di Alun-alun Gianyar, Watha mengatakan tidak menemukan pelanggaran masker. Namun, Satpol PP  melakukan pengawasan lebih ketat. Sebab sebagian besar pengunjung di Alun-alun Gianyar ini adalah orangtua yang sedang mengajak anak-anak bermain di wahana mainan. "Di alun-alun kami lakukan pengawasan ketat para pengunjung, agar selalu disiplin prokes sebagaimana anjuran dari pemerintah selama ini," jelasnya.

Watha menegaskan, sosialisasi dan pengawasan protokol kesehatan Covid-19 ini dilakukan sebagai upaya agar kondisi tetap bagus seperti saat ini. Kata dia, untuk kasus covid-19 di Kabupaten Gianyar, saat melandai. Diapun yakin, jika masyarakat terus taat prokes tidak lama lagi Gianyar atau Bali akan segera terbebas dari pandemi Covid-19.

"Langkah ini sebagai upaya pencegahan penularan virus tersebut. Walaupun di Gianyar relatif nihil Covid- 19, tetapi warga harus tetap waspada. Lebih-lebih dengan adanya varian baru omicron. Sekali lagi, mari kita tetap pertahankan disiplin prokes," pintanya. *nvi

Komentar