nusabali

Konsep Baru dari Festival Jejepangan D'JaFU 10Th

  • www.nusabali.com-konsep-baru-dari-festival-jejepangan-djafu-10th

DENPASAR, NusaBali.com - Mahasiswa program studi Sastra Jepang Universitas Udayana telah mengadakan acara festival “The Japan Festival of Udayana” secara virtual.

Festival jejepangan yang biasa disingkat D’JaFU ini sudah diadakan selama 10 tahun secara rutin tiap tahunnya. Di tahun yang kesepuluh ini, D’JaFu berhasil mengadakan rangkaian acara secara hybrid dengan rangkaian acara yang berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini D’JaFU mengusung konsep percampuran budaya antara budaya Bali dan budaya Jepang.

Rangkaian acara D’JaFU 10th dimulai dari Workshop Budaya Jepang yang mengangkat materi Yukata pakaian tradisional Jepang dan Chanoyu upacara minum the tradisional Jepang pada tanggal 26 November 2021 lalu. Kemudian, pada 5 Desember 2021 lalu dilanjutkan dengan penanyangan film horor singkat buatan panitia D’JaFU 10th. Dan dilanjutkan sesi Talkshow Cosplay Playhouse pada 12 Desember 2021 dengan pembicara yang merupakan seorang cosplayer. Ketiga rangkaian acara tersebut diadakan secara daring.


Tidak hanya itu, D’JaFU 10th juga mengadakan perlombaan, baik akademik maupun non-akademik. Kategori peserta mulai dari SMA / SMK / Sederajat, mahasiswa, hingga umum dengan tingkat nasional. Perlombaan yang diadakan tentu tidak jauh dari jejepangan, yakni mulai dari lomba Seiyuu atau menirukan suara karakter, Japanese Cover Song, menulis puisi Jepang (Haiku), mengarang dalam bahasa Jepang (Sakubun), dan sebagainya. Adapula perlombaan yang dilombakan secara luring, yakni lomba Cosplay, Japanese Cover Dance, dan lomba menulis huruf Jepang atau Kana Taikai. Antusias peserta lomba terlihat dari beragamnya peserta yang tidak hanya berasal dari Bali. 

Hari puncak dilaksanakan secara hybrid di dua hari, yakni 11 Desember dan 12 Desember 2021. Pada 11 Desember 2021, pelaksanaan lomba luring diadakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Rangkaian pembukaan dibuka dengan penampilan tari Saraswati, laporan ketua panitia, sambutan dari Kepala Program Studi Sastra Jepang Universitas Udayana, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dan Konsulat Jenderal Jepang Denpasar.

Di hari kedua pada tanggal 12 Desember 2021 merupakan hari pengumuman kejuaraan serta penyerahan hadiah bagi juara dari semua perlombaan yang diadakan. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan dari pengisi acara D’JaFU 10th. Kemudian, dilanjut dengan Talkshow Cosplay Playhouse melalui platform Zoom Meeting.*

Komentar