nusabali

Pelaku IKM Bangga Istri Wapres Apresiasi Produk Lokal Bali

Hj Wury Ma’ruf Amin Kunjungi Pameran IKM Bali Bangkit

  • www.nusabali.com-pelaku-ikm-bangga-istri-wapres-apresiasi-produk-lokal-bali

Pameran IKM Bali Bangkit tampilkan kerajinan produk lokal dengan menggunakan sumber daya alam, SDM dan kebudayaan yang dimiliki Bali.

DENPASAR, NusaBali

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj Wury Estu Handayani (Wury Ma’ruf Amin, Red) mengunjungi Pameran IKM (Industri Kecil Menengah) Bali Bangkit Tahap V di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Bali (Art Center) Denpasar, Jumat (17/12) siang.

Kedatangan istri dari Wapres Ma’ruf Amin ini disambut langsung Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali  Putu Putri Suastini Koster didampingi Kadis Perdagangan Provinsi Bali I Wayan Jarta.

Ketua Umum Dekranasda Provinsi Bali Putri Koster mengajak Ketum Dekranas Wury Ma’ruf Amin berkeliling mengunjungi Pameran IKM Bali Bangkit yang menampilkan kerajinan produk lokal Bali dengan menggunakan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kebudayaan yang dimiliki Bali. Produk lokal seperti Kain Tenun Songket, Kain Tenun Endek Bali, kerajinan perak dan emas, kerajinan logam dan besi, kerajinan patung dan seni lukis, hingga anyaman bambu dicek detail Wury Ma'ruf Amin.

Produk lokal Bali yang dipamerkan ini sejalan dengan semangat Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali. Ketum Dekranas Wury Ma’ruf Amin di hadapan pelaku IKM secara singkat mengungkapkan produk IKM/UMKM di Bali sangat bagus dan kreatif. Atas hal tersebut, rasa syukur dan ucapan terimakasih diungkapkan oleh para pelaku IKM, karena Pameran IKM Bali Bangkit Tahap V yang digagas oleh Putri Suastini Koster secara gratis ini mampu menghadirkan seorang Ibu Wakil Presiden Hj Wury Ma’ruf Amin ke Art Centre, Denpasar.

Pelaku IKM Tenun Ikat Putri Ayu, Ni Kadek Mastri Dwijayanti menyatakan rasa terimakasihnya kepada Wury Ma'ruf Amin, karena di masa pandemi sekarang ini telah memiliki jiwa yang interes terhadap produk lokal Bali, terutama Kain Tenun Endek Bali. “Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada Ibu Wapres dalam kunjungannya ke Pameran IKM Bali Bangkit yang juga sempat membeli Kain Tenun Endek Bali ‘Dior’,” ujar perempuan asal Desa Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar ini.

Kemudian, I Wayan Gede Susana yang merupakan seniman lukis juga menyampaikan hal senada. Kata Gede Susana, Wury Ma’ruf Amin sangat tertarik dengan lukisan yang digoreskan menggunakan cat air di atas kain kanvas dengan judul: "Ibu Wapres" berukuran 100 x 120 cm. “Ibu Wapres sangat senang dengan lukisan yang saya buat, dan lukisan yang berjudul Ibu Wapres ini diminta untuk dikirimkan ke Jakarta, hingga dalam waktu dekat ini," ujar Susana yang sekaligus juga dapat pesanan melukis Wapres Ma'ruf Amin.

Sementara pelaku IKM asal Tabanan, I Made Agus Sumadi yang menjual produk olahan besi lembaran yang diciptakannya menjadi celengan, dengan desain yang menarik mengungkapkan rasa bangganya, karena Wury Ma'ruf Amin selaku istri Wapres RI datang langsung ke Pameran IKM Bali Bangkit dan membeli kerajinan berbentuk vespa yang ia buat. “Ini luar

biasa sekali, dan saya sangat bergembira sekali Ibu Wapres meluangkan waktu berkunjung ke Pameran IKM Bali Bangkit serta menghargai hasil karya para pelaku IKM di Bali,” ujar pelaku IKM Warna-Warni Iron Handcraft ini. *nat

Komentar