nusabali

Dewa Indra Ingin Ada Pemetaan Ilmiah Resiko Bencana

  • www.nusabali.com-dewa-indra-ingin-ada-pemetaan-ilmiah-resiko-bencana

DENPASAR, NusaBali
Sejumlah perencanaan dalam menanggulangi bencana alam diperlukan kajian dan riset khusus untuk melakukan pengurangan-pengurangan resiko bencana.

Selain itu juga perlu pemetaan dengan baik, mulai dari jenis bencana, di mana akan terjadi, seperti apa bencana yang akan terjadi dan karakteristik bencananya seperti apa. Sehingga perlu dilakukan penyusunan rencana penanggulangan resiko bencana berbasis ilmiah, karena selama ini belum memiliki studi dan kajian riset yang komprehensif sebagai acuan terkait bencana ini.

“Selama ini koordinasi dan sinergitas antara pemerintah dan institusi terkait sudah berjalan dengan baik namun tetap harus ditingkatkan dan diperkuat, khususnya dalam hal melakukan studi atau pemetaan resiko bencana, pengadaan anggaran atau pendanaan serta pengerahan sumber dana dalam penanggulangan bencana,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat membuka ‘Refleksi Akhir Tahun Pentahelix Guna Membangun Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Provinsi Bali’ di Mercure Bali, Sanur, Denpasar, Senin (13/12).

Sekda Dewa Indra menambahkan jika melihat ke belakang, refleksi ini merupakan pertumbuhan yang luar biasa di mana jejaring kekuatan masyarakat untuk peduli dan ikut bersama-sama melakukan pengurangan resiko bencana sudah mengalami pertumbuhan yang baik. “Namun perlu pemetaan, sehingga akan menjadi bahan bagi forum pengurangan resiko bencana dan pemerintah untuk menyusun rencana penanggulangan ke depan,” ujar Sekda Dewa Indra. *nat

Komentar