nusabali

Peken Tenten Taman Edelweis, Jajakan Hasil Bumi dan Produk Inovasi Pemuda Desa

  • www.nusabali.com-peken-tenten-taman-edelweis-jajakan-hasil-bumi-dan-produk-inovasi-pemuda-desa

AMLAPURA, NusaBali.com - Guna merangsang  kreativitas pemuda desa, Yayasan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Surya Dhyana Kresna menggelar Pekan Recovery Pariwisata dengan menampilkan produk inovatif karya pemuda desa, Minggu (12/12/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan di di Taman Edelweis, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem ini melibatkan 50  peserta dari STT (Sekaa Teruna-Teruni) Giri Basuki Desa Besakih, STT Wisma Remaja Desa Menanga, STT Yowana Saka Widya Desa Adat Tukad Belah, STT Giri Luwih Desa Adat Temukus, dan STT Juang Kari Desa Adat Tarib.

Berbagai produk yang ditampilkan antara lain keripik talas, kurma salak, selai pepaya, minuman lidah buaya, keripik ikan teri, dupa herbal, arak Bali, dan berbagai produk jajanan tradisional Bali.

"Sesuai dengan temanya yakni bangkit, bersatu dan tumbuh melalui desa, masing-masing peserta membawa produk inovasinya untuk diperkenalkan secara lebih luas lagi baik kepada para peserta maupun para pengunjung di Taman Edelweis ini," kata Ketua Yayasan PKBM Surya Dhyana Kresna, I NengahSueca.

Sueca menyatakan dengan adanya kegiatan ini para pemuda yang berpartisipasi membuat kegiatan atau program yang serupa secara mandiri di daerahnya masing-masing.

Harapannya, bisa  membangkitkan potensi desa atau bahkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian desa. "Intinya untuk memotivasi para pemuda agar berperan aktif dalam membangun desa," kata Sueca.

"Meskipun di masa pandemi Covid-19 masyarakat dalam hal ini pemuda harus terus mengembangkan ide-ide kreatifnya dalam membangun desa," tambah Sueca.

Kegiatan pekan recovery pariwisata merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan PKBM Surya Dhyana Kresna yang didukung Deputi I Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia guna menumbuhkan kembali semangat para pemuda di masa pandemi untuk selalu melakukan aktivitas yang positif serta bermanfaat.

Awalnya Pekan Recovery Pariwisata dijadwalkan 24-25 Desember 2021, namun karena kabar diberlakukannya PPKM Level 3, akhirnya  dimajukan menjadi  11-12 Desember
2021.
 
Yayasan PKBM Surya Dhyana Kresna adalah sebuah yayasan yang mendedikasikan diri pada kegiatan sosial dan juga pendidikan. Salah satu programnya adalah mendirikan sekolah bernuansa Hindu TK (Pratama) Widya Pasraman Surya Dhyana Kresna di Banjar Temukus, Desa Besakih, Rendang, Karangasem. *rma

Komentar