nusabali

Kesiapan Hadapi Bencana Alam, Pemkab Tabanan Gelar Apel Pasukan

  • www.nusabali.com-kesiapan-hadapi-bencana-alam-pemkab-tabanan-gelar-apel-pasukan

TABANAN, NusaBali
Tim gabungan dari unsur Pemkab Tabanan, Kodim 1619/Tabanan, dan Polres Tabanan menggelar apel pasukan dalam rangka kesiapsiagaan antisipasi bencana alam dan simulasi pergelaran peralatan, di Gedung I Ketut Maria Tabanan, Senin (6/12).

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi akhir 2021 hingga awal tahun 2022 mendatang. Sejumlah alat untuk penanganan bencana turut dipajang.

Sekda Tabanan I Gede Susila menyampaikan, apel gelar pasukan kesiapsiagaan antisipasi bencana alam ini diikuti oleh sejumlah unsur seperti TNI, Polri, dan pemkab seperti BPBD, Dishub, Satpol PP, Damkar, dan lainnya. Selain apel gelar pasukan, juga dilakukan pengecekan terkait sarana dan prasarana (sarpras) yang tersedia untuk menangani bencana alam. “Selain apel pasukan, kita juga mengecek peralatan yang kita punya di Tabanan sebagai bentuk antisipasi penanganan bencana alam,” ujarnya.

Kata Sekda Susila, ada sejumlah peralatan atau sarpras yang sudah disiapkan dari masing-masing instansi terkait di antaranya seperti mobil Water Canon Dalmas Polres Tabanan, usep pelampung remote, ring body (life jacket) Sat Pol Airud Polres Tabanan, kayak atau perahu karet dengan kelengkapannya. Kemudian untuk kelengkapan lainnya seperti pelampung, sampan, 10 unit gergaji mesin, cangkul, sekop, tampar, dan lain sebagainya. Selain itu juga menyiagakan satu unit ambulans Klinik Polres Tabanan, Unit Patwal Lantas dan Patwal BPBD, 2 unit alat berat dari PU, 2 unit Damkar.

“Jadi selain mengantisipasi bencana alam, kita juga mengantisipasi penyebaran Covid-19,” imbuh Sekda Susila.

Menurutnya bencana alam sejak November lalu memang sudah terjadi di Tabanan. Mulai dari tanah longsor, pohon tumbang hingga banjir. Untuk itu mengantisipasi kerugian dan korban jiwa sangat perlu dilakukan pencegahan sejak awal. “Sampai saat ini peristiwa yang terjadi di Tabanan belum sampai menimbulkan korban jiwa,” tegas Sekda Susila.

Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra menegaskan, kesiapan peralatan sarpras penanganan bencana diharapkan mampu mengatasi bencana alam yang terjadi. “Intinya kita selalu berharap dapat meminimalisir adanya korban yang ditimbulkan akibat bencana,” tegas AKBP Ranefli.

Sembari mengecek seluruh peralatan, dia mengajak seluruh elemen masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dan mengharapkan dukungan untuk tetap menjaga situasi kamtibmas Tabanan kondusif, selalu disiplin prokes karena pandemi Covid-19 belum berakhir. “Mari bersama-sama menjaga Tabanan,” tandasnya. *des

Komentar