nusabali

Harap Organisasi Wanita Aktif Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Masyarakat

Bupati Suwirta Hadiri Peringatan Hari Ibu Ke-93

  • www.nusabali.com-harap-organisasi-wanita-aktif-menjaga-kesehatan-dan-kebersihan-masyarakat

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri peringatan Hari Ibu Ke-93 Tahun 2021 di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Senin (6/12).

Peringatan yang digelar Pemkab Klungkung ini diisi acara seminar. Bupati Suwirta menekankan agar organisasi wanita berperan aktif menjaga kesehatan dan kebersihan keluarga beserta masyarakat.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia Ny Sri Kasta, Ketua Gatriwara Ny Anak Agung Gede Anom, dan seluruh organisasi wanita se-Kabupaten Klungkung, serta undangan terkait lainnya.

"Mudah-mudahan melalui acara seminar yang dilaksanakan ini dapat mengubah pola pikir anggota organisasi wanita se-Kabupaten Klungkung. Tujuannya, untuk dapat mengambil peran sesuai dengan materi seminar," harap Bupati Suwirta, saat membuka seminar tersebut.

Bupati Suwirta berpesan agar anggota organisasi wanita di Kabupaten Klungkung, dapat mentauladani tokoh-tokoh wanita yang selama ini dapat memotivasi anggota organisasi untuk menjadi wanita/ibu-ibu yang hebat. Baik bagi keluarga masing -masing maupun di lingkungan masyarakat.

Bupati Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung membiayai seluruh masyarakatnya dalam Program Universal Health Coverage (UHC). Hal ini sebagai komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Klungkung. Program UHC juga untuk mengantisipasi masalah stunting dan pengobatan maupun antisipasi terhadap penyakit lain.

Ketua Panitia Perayaan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 Klungkung Ida Bagus Ngurah Mantra, mengatakan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-93 tahun 2021 yang jatuh pada 22 Desember 2021 mengambil tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

Adapun materi yang disampaikan pada acara seminar, antara lain peran ibu dalam meningkatkan ketaatan terhadap protokol kesehatan (prokes), pencegahan stunting melalui penerapan prokes. Slain itu, pencegahan stunting melalui persiapan calon pengantin dan pentingnya menyusui.

Para pemateri yakni Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana. "Seminar ini untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat terutama kaum perempuan akan pentingnya kesehatan dan kebersihan baik di keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat sekitar," IB Mantra.

IB Mantra menyebutkan, terkait peringatan ini, Pemkab Klungkung juga mengadakan acara seminar di setiap kecamatan, diikuti oleh TP PKK Desa/Kelurahan. Kegiatan lain yakni gerakan Tansaplas, persembahyangan, ziarah/tabur bunga. Sedangkan Gatriwara Klungkung melaksanakan kegiatan bantuan sosial kepada anak yang orangtuanya meninggal karena Covid-19. *wan

Komentar