nusabali

Sukrawan Proyeksi Nyaleg DPRD Bali Dapil Buleleng

Diplot Jadi Ketua Bappilu Demokrat Bali

  • www.nusabali.com-sukrawan-proyeksi-nyaleg-dprd-bali-dapil-buleleng

DENPASAR, NusaBali
Mantan Ketua DPC PDIP Buleleng, Dewa Nyoman Sukrawan, diplot masuk struktur kepengurusan DPD Demokrat Bali 2021-2026 hasil Musda 2021 dengan menduduki jabatan strategis sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

Dewa Sukrawan diproyeksi maju ke DPRD Bali dari Demokrat Dapil Buleleng dalam Pileg 2024 mendatang. Rencana penempatan Dewa Sukrawan sebagai Ketua Bappilu ini diungkapkan Ketua DPD Demokrat Bali, Made Mudarta, saat ditemui NusaBali di arena Musda Demokrat di Inna The Grand Bali Beach Hotel Sanur, Denpasar Selatan, Rabu (17/11). “Buat sementara, beliau (Sukrawan, Red) kita plos di posisi itu,” jelas Mudarta, yang terpilih lagi secara aklamasi sebagai Ketua DPD Demokrat Bali dalam Musda tadi malam.

Menurut Mudarta, sudah ada proyeksi politik untuk Dewa Sukrawan ke depan. Mantan politisi PDIP yang sempat gabung di Golkar itu nantinya akan diproyeksikan maju ke DPRD Bali dari Demokrat Dapil Buleleng pada Pileg 2024 mendatang.

Dewa Sukrawan sendiri merupakan politisi asal Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng yang lama malang melintang di PDIP. Mengawali karier sebagai Ketua Ranting PDIP Desa Bungkulan, kemudian Ketua PAC PDIP Kecamatan Sawan, Sukrawan selanjutnya dua kali periode dipercaya menjadi Ketua DPC PDIP Buleleng (2005-2010, 2011-2015).

Sukrawan juga sempat dipercaya PDIP menjadi Ketua DPRD Buleleng 2009-2014 dan maju tarung sebagai Calon Wakil Gubernur pendamping AA Ngurah Puspayoga dalam Pilgub Bali 2013. Terakhir, Sukrawan pegang jabatan Bendahara DPD PDIP Bali, sebelum akhirnya loncat ke Golkar pasca Pilkada Buleleng 2017. Kemudian, Sukrawan loncat lagi ke Demokrat dengan posisi Wakil Ketua Balitbang DPD Demokrat Bali.

Menurut Mudarta, Sukrawan akan menjadi sosok kader yang ditugaskan memperkuat Demokrat di DPRD Bali. Karena itu, Sukrawan dicalonkan maju tarung ke DPRD Bali Dapil Buleleng dalam Pileg 2024 mendatang.

"Beliau kita plot ke DPRD Bali untuk memaksimalkan perburuan suara dan kursi di Dapil Buleleng. Sebab, Buleleng ladangnya suara, jumlah pemilih terbesar di Bali selain Kota Denpasar," tegas Mudarta, yang memimpin DPD Demokrat Bali untuk periode ketiga sejak 2011.

Mudarta mengatakan, Demokrat menargetkan bisa raih 2 kursi DPRD Bali Dapil Buleleng dalam Pileg 2024. Jika berhasil, berarti naik dibanding Pileg 2019 yang hanya raih 1 kursi DPRD Bali Dapil Buleleng melalui Komang Nova Sewi Putra,  politisi asal Desa Pelapuan, Kecamatan Busungbiu, Buleleng. Padahal, ada 12 kursi yang diperebutkan di Dapil Buleleng.

Sementara itu, Dewa Sukrawan mengatakan dirinya tidak punya target jabatan dalam bgerorganisasi. "Yang jelas, saya bekerja untuk organisasi dan melaksanakan penugasan partai," jelas Sukrawan saat dikonfirmasi NusaBali terpisah di Kantor DPD Demokrat Bali, Niti Mandala Denpasar, Rabu kemarin.

Sukrawan sendiri mengaku belum tahu apakah akan duduk di kepengurusan DPD Demokrat Bali 2021-2026 atau tidak. "Sebagai pengurus DPD Demokrat dalam posisi apa nanti, saya belum tahu ini. Kan Musda baru digelar malam ini (tadi malam, Red)," kilah Sukrawan, yang dalam Pilkada Buleleng 2017 maju tarung sebagai Calon Bupati dari jalur Independen yang didukung Golkar-Demokrat. *nat

Komentar