nusabali

Prancis dan Belgia Lolos ke Qatar

  • www.nusabali.com-prancis-dan-belgia-lolos-ke-qatar

PARIS, NusaBali
Prancis dan Begia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Kedua tim menjadi kegara kelima dan keenam, menyusul Jerman, Denmark, Brasil, dan tuan rumah Qatar.

Prancis lolos uusai menggulung Kazakhstan 8-0, dalam laga Grup D kualifikasi zona Eropa di Stadion Parc des Princes, Paris, Minggu (14/11) dinihari Wita. Kemenangan itu mengunci posisi Prancis sebagai juara Grup D dengan 15 poin, yang sekaligus tiket otomatis Piala Dunia 2022.

Kylian Mbappe membukukan empat gol yang diikuti dua gol Karim Benzema, serta masing-masing satu gol dari Adrien Rabiot dan Antoine Griezmann.

Sedangkan  Belgia mengunci tiket putaran final Piala Dunia 2022, usai mengalahkan tim tamu Estonia 3-1, dalam laga grup E Zona Eropa di Stadion King Baoudoin, Brussels, Minggu dini hari Wita. Christian Benteke yang tampil jadi ujung tombak Belgia di tengah krisis cedera lini depan membayar lunas kepercayaan dengan membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-11.

Kendati mendominasi permainan, Belgia baru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-53 lewat tembakan jarak jauh Yannick Carrasco. Estonia membalas pada menit ke-70 melalui Erik Sorga. Namun pada menit kr-74 Thorgan Hazard membuat Belgia menang 3-1.

Kemenangan itu memastikan Belgia jadi juara Grup E dengan 19 poin. Sedangkan Estonia di urutan keempat dengan 4 poin.

Dalam laga lain Grup E di Cardiff, tuan rumah Wales menang 5-1 saat menjamu juru kunci Belarus. Aaron Ramsey mengemas dua gol kemenangan Wales, yang dilengkapi gol-gol Neco Williams, Ben Davies dan Connor Roberts. Estonia membalas sekali lewat Artyom Kantsavy. Wales naik ke posisi kedua Grup E dengan 14 poin, unggul tiga poin atas Republik Ceko.

Pada laga terakhir Grup E akan berlangsung Rabu (17/11) dinihari Wita, saat Wales menjamu Belgia dan Ceko bertemu Estonia.  Hasil imbang cukup bagi Wales untuk memastikan posisi runner-up, sekaligus menjaga peluang masuk playoff.

Dengan tambahan Prancis dan Belgia, kini sudah ada enam negara yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Sehari sebelumnya, Brasil lolos usai menang 1-0 atas Kolombia pada laga Kualifikasi zona CONMEBOL.

Dua negara lainnya yang memastikan lolos sebelumnya adalah Jerman dan Denmark. Satu negara yang pasti lolos ke Piala Dunia 2022 adalah Qatar yang berstatus tuan rumah. *ant

Komentar