nusabali

Bupati Suwirta Hadiri Peringati Hari Diabetes Sedunia

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-hadiri-peringati-hari-diabetes-sedunia

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 dan Hari Diabetes Sedunia Tahun 2021 di UPTD Puskesmas Dawan 1, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, Minggu (14/11) pagi.

Bupati Suwirta mengajak masyarakat untuk menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan general check up berkala.  "Mari menerapkan Germas dan general check up berkala minimal setahun sekali," ujar Bupati Suwirta. Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Untuk itu perlu sosialisasi sejak usia dini untuk membentuk pola perilaku. Pola hidup sehat di antaranya melakukan aktivitas fisik, tidak merokok dan cek kesehatan berkala. "Germas penting untuk dilaksanakan oleh semua kelompok masyarakat," tambah Bupati Suwirta.

Bupati mengingatkan, perubahan zaman dan kemajuan ekonomi diikuti dengan perubahan perilaku dan pola makan. Tanpa disadari telah terjadi pergeseran pola hidup yang dapat menyebabkan seseorang mengidap berbagai macam penyakit yang tidak diharapkan, seperti diabetes, jantung, stroke, darah tinggi, dan penyakit lainnya. "Peran pemerintah sangat diperlukan untuk mengedukasi masyarakat menerapkan pola hidup sehat," kata Bupati Suwirta.

Bupati mengharapkan masyarakat dapat memproteksi diri dengan menerapkan pola hidup sehat dan langkah preventif. "Kepada masyarakat Klungkung, untuk mengantisipasi terjangkit penyakit, baik menular maupun tidak, mari upayakan general check up minimal 1 tahun sekali," ajaknya. *wan

Komentar