nusabali

Bale Pesandekan Hancur Tertimpa Pohon Jati

  • www.nusabali.com-bale-pesandekan-hancur-tertimpa-pohon-jati

Tembok panyengker perumahan dinas Pemkab Tabanan di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan roboh sepanjang 15 meter dengan ketinggian 2,5 meter.

Bale Pesandekan Pura Dalem Kubontingguh Hancur Tertimpa Jati


TABANAN, NusaBali
Bale Pesandekan Pura Dalem di Desa Pakraman Kubontingguh, Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan, hancur tertimpa pohon jati, Kamis (2/2). Pohon jati itu tumbang akibat diterpa hujan deras disertai angin kencang. Sementara di Banjar Samsaman Alas, Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Tabanan pohon sentul yang tumbang nyaris menimpa ibu hamil yang melintas di jalur tersebut.

Informasi di lapangan, pohon jati berdiameter 30 centimeter di areal Pura Dalem Desa Pakraman Kubontingguh tumbang sekitar pukul 10.00 Wita. Saat itu, kawasan Tabanan dan sekitarnya diguyur hujan deras disertai angin kencang. Pohon jati yang tumbang kemudian menimpa bale pesandekan berukuran 4 meter x 6 meter. “Beruntung di Pura Dalem sepi sehingga tak ada korban jiwa. Kerugian material mencapai puluhan juta,” ungkap sumber di lapangan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan Putu Trisna Widiatmika membenarkan bale pesandekan Pura Dalem Desa Pakraman Kubontingguh hancur diterjang pohon jati. Tim Respon Cepat (TRC) BPBD Tabanan langsung diluncurkan ke lokasi pasca menerima informasi bencana pohon tumbang di Kubontingguh. Putu Trisna menambahkan, dalam satu hari kemarin ada tiga titik bencana pohon tumbang, termasuk di Pura Dalem Desa Pakraman Kubontingguh.

Dua titik pohon tumbang lainnya ada di Banjar Belong, Desa Baturiti dan Banjar Mandung, Desa Sembung Gede, keduanya ada di Kecamatan Kerambitan. Di Banjar Belong, pohon perindang berdiameter 40 centimeter tumbang melintang di jalan. Demikian pula di Banjar Mandung, pohon santen berdiameter 40 centimeter yang tumbang juga melintang di badan jalan. “Dari dua titik pohon tumbang ini juga nihil korban jiwa,” terang Putu Trisna.

Sementara pada Rabu (1/2) ada laporan pohon tumbang di lima titik. Di Banjar Pandak Pasti, Desa  Pandak, Kecamantan Kediri, pohon santen berdiameter 50 centimeter tumbang melintang di jalan hingga menyebabkan kemacetan selama 2 jam. Evakuasi dari tim TRC BPBD Tabanan terhambat karena hujan deras. Di Banjar Samsaman Alas, Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, pohon sentul yang tumbang nyaris menimpa ibu hamil yang tengah berkendara melintasi jalur tersebut. Beruntung pohon sentul setinggi 10 meter berdiameter 30 centimeter yang tumbang tersangkat pada pohon nangka.

Sementara itu, tembok panyengker perumahan dinas Pemkab Tabanan di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan roboh sepanjang 15 meter dengan tinggi 2,5 meter. Tembok panyengker tumbang ke areal persawahan di utara komplek perumahan dinas. “Anggota sudah kita turunkan ke lapangan untuk melakukan pengecekan. Tembok panyengker perumahan dinas roboh karena tanahnya labil,” jelas Putu Trisna. Mengantisipasi bencana alam akibat cuaca buruk, pihaknya kita menyiagakan anggota BPBD Tabanan siaga 24 jam yang dibagi dua shift. * d

Komentar