nusabali

Bupati Suwirta Terus Optimalkan Penangkapan Gas Metan di TPA Sente

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-terus-optimalkan-penangkapan-gas-metan-di-tpa-sente

SEMARAPURA, NusaBali
Untuk mengantisipasi agar TPA Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, tidak mengalami kebakaran, penangkapan gas metan akan terus dioptimalkan dengan sebaik-baiknya.

“Jadi hari ini (Sabtu kemarin, Red) saya turun untuk melihat secara langsung progres penangkapan gas metan. Tentu ke depan kami akan terus berupaya agar penangkapan gas metan ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat meninjau TPA Sente, Sabtu (13/11).


Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPRKP) Klungkung I Made Jati Laksana dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Klungkung I Ketut Suadnyana.

Hal yang tidak kalah pentingnya, Bupati Suwirta berharap dari gas metan ini nantinya bisa membantu warga sekitar untuk mendapatkan bahan bakar yang digunakan untuk memasak, seperti yang sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Saat ini instalasinya juga sudah selesai.

Selain itu, Bupati Suwirta juga sudah menugaskan Dinas PUPRKP untuk menyiapkan/membuat kalkulasi biaya terkait dengan bronjong. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi karena timbunan sampah ini sudah tinggi dari jalan, dan jangan sampai sampah ini meluber serta mengganggu warga sekitar.

“Jadi kami akan terus berupaya, TPA ini target kami hanya tempat membuang residu saja. Apalagi nanti kalau semua desa sudah mempunyai tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R),” imbuh Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan. Saat di lokasi, Bupati Suwirta tidak henti-hentinya menggenjot kinerja para petugas. Bupati berharap kesadaran masyarakat untuk membuang sampah juga tetap dijaga dengan baik, jangan sampai nanti ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. “Jadi penataan, pengelolaan, dan pemeliharaan baik di TOSS Center maupun TPA Sente ini harus tetap dilakukan dengan sebaik-baiknya,” tutur Bupati Suwirta. *wan

Komentar