nusabali

Brasil Lolos ke Piala Dunia 2022

Jerman Kian Ganas, Gulung Liechtenstein 9-0

  • www.nusabali.com-brasil-lolos-ke-piala-dunia-2022

Tim Samba menjadi negara keempat yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, menyusul Jerman, Denmark, dan tuan rumah Qatar.

SAO PAULO, NusaBali

Brasil  meraih tiket ke Qatar, usai mengalahkan Kolombia 1-0 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, di Arena Corinthians, Sao Paulo, Jumat (12/11) pagi WITA. Brasil menjadi tim keempat yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, sekaligus menyusul Jerman, Denmark, dan tuan rumah Qatar.

Menjamu Kolombia, tim Samba tampil percaya diri. Dari statistik ESPN, Brasil mencatak 63 persen penguasaan bola, dan berbanding 37 persen milik Kolombia. Selain itu, Selecao melepaskan 16 tembakan, dan di antaranya mengarah ke gawang.

Tampil menekan, Brasil menyudahi laga dengan kemenangan 1-0 yang dicetak Lucas Paqueta pada menit ke-72. Hasil itu membuat Brasil di  puncak klasemen dengan nilai 34. Mereka unggul hingga 18 poin atas Kolombia di posisi lima.

Dengan menyisakan lima laga, Brasil dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Pasalnya, Neymar dkk memimpin hingga 18 angka atas Chile di tempat keempat atau batas akhir tim yang lolos langsung ke Piala Dunia 2022.

Selain Brasil, tiga negara lainnya juga sudah lebih dulu menyegel tiket ke Piala Dunia 2022. Satu di antaranya adalah Jerman, yang memastikan lolos sejak 11 Oktober 2021. Dengan 24 poin dan memimpin Grup J zona Eropa, Tim Panser tidak mungkin terlempar ke urutan ketiga, apapun hasil yang diraih di laga tersisa.

Lalu Denmark mengikuti langkah Jerman pada 12 Oktober 2021, usai menjadi juara Grup F Zona Eropa dengan 24 poin. Sedangkan satu tim lagi, yakni tuan rumah  Qatar, yang mendapat jatah langsung tanpa kualifikasi. Qatar resmi jadi tuan rumah pada 2 Desember 2010.

Piala Dunia 2022 akan diikuti 32 peserta dan berlangsung mulai 21 November hingga 18 Desember. FIFA terpaksa menggesernya ke akhir tahun untuk menghindari suhu panas di Qatar.

Sementara itu, Jerman kian ganas usai mencukur Liechtenstein 9-0 pada laga lanjutan Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Volskwagen Arena, Jumat dinihari WITA. Sembilan gol Jerman dicetak Ilkay Gundogan (penalti), Daniel Kaufmann (bunuh diri), Leroy Sane (dua gol), Marco Reus, Thomas Mueller (dua gol), Ridle Baku, dan Maximilian Goeppel (bunuh diri).

Catatan itu membuat Jerman makin ganas di bawah arahan Hansi Flick. Dari enam laga kuliafikasi, Die Mannschaft mencetak 27 gol. Flick menjadi manajer baru Jerman per 1 Agustus menggantikan Joachim Loew. Sebelum menang 9-0, Jerman juga pernah menang 2-0 atas Liechteinstein Lalu menggasak Armenia 6-0, menang 4-0 atas Islandia, menang 2-1 atas Rumania dan 4-0 atas Makedonia Utara.

Opta mencatat, Jerman untuk pertama kalinya tampil agresif seperti itu bersama Flick. Sebelumnya, tak ada manajer Jerman yang membuat 27 gol pada enam laga pertamanya.

Selain itu, Flick juga jadi manajer Jerman pertama yang meraih enam kemenangan beruntun di enam laga pertamanya. Sebelumnya tak pernah ada, sekalipun Joachim Loew. *ant

Komentar